in

Menjadi Detektif dalam Permainan Keluarga ini – Cara Bermain Clue/Cluedo !

Hai Manusia Malam. Pernah ga sih kamu bermimpi untuk menjadi seorang detektif? Mungkin sebagian dari kamu ada yang terinspirasi dari series Detective Conan? atau dari novel Sherlock Holmes?

Nah, dalam How to Boardgame kali ini, kita akan memperkenalkan sebuah permainan keluarga klasik yang bisa menyalurkan hasrat kamu untuk menjadi seorang detektif. Sambutlah, Clue/Cluedo!

Clue/Cluedo adalah sebuah permainan deduksi bertemakan misteri pembunuhan yang bisa dimainkan oleh tiga sampai enam pemain. Permainan ini berdurasi sekitar 10-60 menit dan ditujukan untuk usia 8 tahun ke atas.

Objective atau tujuan dari permainan ini adalah: melalui proses eliminasi dan deduksi, pemain harus menebak oleh Siapa, dengan alat Apa dan Dimana pembunuhan dilakukan.

Oke tanpa buang-buang waktu lagi, langsung aja kita bahas!


KOMPONEN PERMAINAN

Ketika membeli Clue/Cluedo, kita akan mendapatkan:

  • Papan permainan 
  • 6 token/bidak karakter 
  • 6 Miniatur Senjata
  • 6 Kartu Senjata, 6 Kartu Karakter, 9 Kartu Ruangan
  • Amplop
  • Buku catatan / Detective notebook
  • 2 buah dadu

MEMPERSIAPKAN PERMAINAN 

Sebelum memulai permainan, pertama-tama taruhlah setiap bidak Karakter pada tempat yang sudah disediakan. Kemudian pilih karaktermu. Sebagai Catatan, Miss Scarlet akan selalu berjalan pertama, kemudian dilanjutkan oleh pemain yang berada di sebelah kirinya. 

Taruh miniatur senjata secara acak di dalam ruangan. Shuffle ketiga jenis kartu (karakter, senjata dan ruangan) secara terpisah, lalu ambil satu kartu Karakter, kartu Senjata dan kartu Ruangan dalam keadaan tertutup, lalu masukkan kartu-kartu tersebut ke dalam amplop.

Tutup amplop dan letakan amplop di tengah papan permainan – jangan lihat isi amplop tersebut sebelum permainan berakhir. 

Gabungkan kartu senjata, karakter dan ruangan dalam satu deck, shuffle decknya, kemudian bagikan kartu secara merata kepada setiap pemain.

Terakhir, berikan detective notebook kepada setiap pemain. 


CARA BERMAIN

Dimulai dari Miss Scarlet. Lempar dadu dan jalankan bidak sesuai dengan jumlah dadu. Kamu bisa bergerak secara vertikal dan horizontal, tetapi tidak bisa diagonal.

Satu space hanya bisa diisi oleh 1 karakter. Pada dasarnya, dalam setiap giliran kamu ingin memasuki ruangan agar bisa melakukan suggestion/dugaan.

Setelah memasuki ruangan, kamu bisa menebak Karakter, Senjata dan Ruangan yang ada di dalam amplop dengan mengatakan “I suggest the crime was committed by [Karakter], in [Ruangan], with a [Senjata].”

Atau contoh dalam bahasa Indonesianya: “Saya menduga pembunuhan ini dilakukan oleh Mr. Green, di Dining Room, menggunakan Lead Pipe”

Ketika melakukan praduga, kamu membawa bidak pemain dan miniatur senjata di dalam ruangan tersebut.

Setelah dugaan dilontarkan, pemain lain, dimulai dengan yang berada di sebelah kirimu, harus membuktikan bahwa dugaanmu salah dengan menunjukkan satu kartu yang menjadi dugaanmu.

Jika pemain tersebut memiliki lebih dari satu kartu yang bisa membuktikan dugaanmu salah, dia hanya perlu memperlihatkan salah satunya saja. Setelah melihat kartu dari pemain lain, giliranmu sudah selesai.

Jika pemain di sebelah kiri tidak memiliki kartu yang bisa membantah dugaanmu, pemain berikutnya yang harus membantah.

Ingat, kartu itu hanya ditunjukkan kepada orang yang melakukan dugaan, tidak ada orang lain yang boleh melihatnya.

Jika tidak ada orang yang bisa membantah dugaanmu, maka kamu bisa melakukan gugatan untuk tiga kartu tersebut, yang artinya kamu memenangkan permainan.

LAIN LAIN

Di awal permainan, kamu bisa langsung menandai Karakter, Senjata atau Ruangan yang kamu miliki pada catatanmu karena jelas itu tidak ada dalam amplop.

Terdapat beberapa jalan rahasia/secret passage untuk berpindah ruangan dengan cepat.

Kamu bisa melakukan gugatan kapanpun, tapi ingat kamu hanya bisa melakukan gugatan sebanyak satu kali dalam setiap permainan. Setelah melakukan gugatan, kamu bisa melihat isi amplop (Sekali lagi, hanya kamu yang boleh melihat isi amplop).

Jika gugatanmu benar, kamu memenangkan pertandingan, tapi jika gugatanmu salah, kamu keluar dari permainan. Walaupun sudah tidak mendapatkan giliran, kamu masih harus memberikan kartu untuk membantah gugatan pemain lain.

Report

What do you think?

Written by Papachan

Papachan adalah seorang Video Editor, Translator dan Voiceover di pagi hari. Seorang gamer di malam hari. Tertarik untuk mencoba semua genre game. Menyukai game-game FPS, horror dan indie, namun sangat buruk dalam game fighting dan racing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hantu Jepang ‘Teke Teke’

Nyari Camilan Malam ? Cobain deh Kripik Kebab Mau Lagi!