in

Review Film Upgrade (2018) | Minim Budget Tapi Gak Murahan!

Upgrade, film dengan biaya murah dengan hasil tak murahan !

Upgrade merupakan film yang bertema Action-SciFi yang diperankan oleh Logan Marshall-Green. Singkatnya, film yang bercerita tentang Grey – karakter yang diperankan Logan – mengalami paraplegic atau disebut kelumpuhan. Kelumpuhan tersebut terjadi setelah dia dan istrinya mengalami serangan dari beberapa pembunuh bayaran yang membuat istrinya meninggal. 

Here is the thing,, Upgrade adalah film kelas B yang punya budget tak seheboh film-film Blockbuster. Film ini punya storyline yang cukup mengikat audiens untuk mengikuti perjalanan si Grey.

Walau sebenarnya konsep yang tidak begitu baru, namun Leigh Whannell selaku Director dan juga penulis naskah ini mampu membungkusnya menjadi kemasan yang menarik dan terasa fresh

Leigh Whannel sudah cukup lama berkutat dalam genre horror. Terhitung sudah kurang lebih 13 film yang ditulisnya. Beberapa karyanya yang cukup diketahui oleh masyarakat adalah Insidious 3, Saw 1-3, Dead Silence hingga yang terakhir adalah Upgrade

Logan Marshall-Green sendiri terbilang cukup aman bermain dengan karakter Grey. Dia mampu memberikan penampilan yang meyakinkan dalam memerankan karakternya.

Sama halnya dengan karakter pembantunya, masing-masing dari mereka berhasil menerjemahkan karakter-karakter dalam film ini dengan tidak mengecewakan dan tidak berlebihan. 

Dengan durasi yang kurang dari dua jam, film ini mampu memberikan tontonan yang tidak murahan. Petualangan yang cukup singkat ini dibawa dengan gaya kekerasan dan menghibur. Karena secara visual untuk ukuran film seperti ini sudah sangat memuaskan. 

Walau punya tema tentang Tekonologi Futuristik, mereka memutuskan untuk tidak memberikan banyak scene dengan desain seperti itu. Hal ini tentunya punya poin plus dalam penggunaan budget seadanya.

Dengan kondisi seperti itu, mereka berhasil membuat kehidupan yang digambarkan film ini terasa begitu dekat dengan sekitar ataupun keseharian kita. Untuk adegan-adegan aksi yang diarahkan oleh Leigh Whannell sendiri sudah sangat baik. Bahkan dibalut dengan unsur-unsur gore yang ditampilkan dengan berani.

Walau menggunakan teknik fast-cut namun adegan yang dihasilkan cukup halus dan masih bisa dinikmati. Upgrade punya presentasi yang efektif dan fresh jika memperhatikan model tema seperti ini.

Dengan modal alur cerita yang terfokus dan tidak bertele-tele membuat film Upgrade tak memberi sedikit pun celah untuk adegan-adegan yang tidak penting. Jika dilihat secara keseluruhan, film ini punya plot balas dendam yang standar saja, tanpa perlu pemikiran yang berat sehingga bisa menghibur audiens dengan sangat baik.

Namun, dengan pace yang terjaga dan tak hentinya memberikan punch di setiap scene, membuat film Upgrade sangat sayang untuk dilewatkan !


SCORE :

Rating: 3.5 out of 5.

Report

What do you think?

12 Points
Upvote Downvote

Written by Hariyanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Perempuan Misterius di Rumah Sakit

Wanita Ini Menjadi Icon Music Pop di Awal Abad 21