in

Yakin Sudah Tahu? Cara Bermain Monopoly!

Siapa sih yang gak tahu sama permainan yang satu ini? Monopoly. Sebagian besar dari kamu pasti udah pernah main Monopoly. Baik itu di sekolah, di rumah teman, atau pas lagi ngumpul-ngumpul, ini merupakan salah satu permainan yang paling merakyat.

Tapi apakah selama ini kita sudah memainkannya dengan benar atau mungkin masih ada yang bingung gimana cara memainkannya?

Nah dalam How to Boardgame kali ini, kita akan memberi tahu cara bermain monopoly yang benar! Langsung aja kita bahas:


APA ITU MONOPOLY?

Monopoly adalah sebuah permainan bertemakan real-estate dimana para pemain berperan sebagai tuan tanah yang berencana untuk membeli dan mengembangkan lahannya.

Monopoly bisa dimainkan oleh 2-8 pemain, dengan durasi rata-rata permainan antara 1-3 jam. Permainan ini ditujukan untuk usia 8 tahun ke atas.

Objektif dari permainan ini adalah untuk menjadi pemain yang paling kaya, dengan cara membeli, menyewakan dan menjual properti, serta membuat pemain lain bangkrut. Pemain yang bangkrut harus keluar dari permainan dan pemain terakhir yang bertahan adalah pemenangnya.

Nah, kira-kira apa aja yang kita butuhin untuk memainkan Monopoly?

KOMPONEN PERMAINAN

Ketika membeli permainan Monopoly, kita akan mendapatkan:

  • Sebuah papan permainan: Ini adalah area bermain kita.
  • 2 buah dadu sisi enam.
  • Token atau bidak.
  • 16 kartu kesempatan
  • 16 kartu dana umum
  • 28 karatu sertifikat tanah untuk masing-masing properti.
  • Sejumlah uang yang terdiri dari nominal $500, $100, $50, $20, $10, $5 dan $1 atau yang ekuivalen dengan nominal tersebut.

Sebelum kita masuk ke cara mempersiapkan permainan dan cara bermainnya, ada satu peran/role spesial yang akan kita perkenalkan dan jelaskan terlebih dahulu. Itu adalah Bankir.

PERAN BANKIR

Peran bankir, selain seperti yang kita sudah tahu (memberikan uang Gaji, memberikan pinjaman uang, menjual properti dan bangunan,memungut pajak dan sebagainya) adalah sebagai Juru Lelang. Atau kita juga bisa menganggapnya sebagai Moderator permainan.

Dalam Monopoly, harus ada satu orang pemain yang ditunjuk sebagai Bankir. Orang yang menjadi Bankir bisa ikut bermain dengan catatan dia harus memisahkan uang miliknya dan uang milik bank. Dan kalau ada lebih dari 5 pemain, Bankir bisa memilih untuk berperan hanya sebagai Bankir dan Juru Lelang.

PERSIAPAN

Pertama-tama kita menaruh kartu Kesempatan dan Dana Umum dalam posisi tertutup/terbalik pada bagian yang sudah disediakan pada papan. 

Kemudian, setiap pemain memilih token atau bidak yang diinginkan.

Terakhir, setiap pemain diberikan modal $1500 yang dibagi dalam pecahan:
2 lembar uang $500, 2 lembar uang $100, 2 lembar uang $50, 6 lembar uang $20, 5 lembar uang $10, 5 lembar uang $5 dan 5 lembar uang $1

CARA BERMAIN

Dimulai dari Bankir, setiap pemain secara bergantian melempar dadu. Pemain yang punya angka tertinggi akan memulai pertama. 

Taruh bidak pada petak yang bertulisan “GO”, kemudian lempar dadu dan jalankan bidak sesuai dengan angka yang tertera pada dadu (dengan catatan dadu yang dilempar harus mendarat di atas papan.

Kalau ada dadu yang keluar dari papan atau bersandar pada tumpukan kartu, lemparan tersebut dianggap tidak valid dan kamu harus mengulangnya).

Tergantung pada petak yang diduduki, kamu bisa membeli properti, membayar sewa, membayar pajak, mengambil kartu Kesempatan atau Dana Umum, masuk penjara, dan lainnya.

Setelah selesai dengan giliran, kamu menyerahkan dadu ke pemain yang berada di sebelah kiri. Dan dia akan memulai gilirannya.

Satu petak yang sama bisa diisi oleh lebih dari satu bidak.

Kalau kamu mendapatkan angka ganda (dua angka sama), kamu bisa melempar dadu satu kali lagi setelah menjalankan bidak. Tapi kalau kamu mendapatkan angka ganda sebanyak 3 kali berturut-turut, maka kamu akan langsung masuk penjara.

Permainan dilakukan sampai hanya tersisa satu orang yang bertahan atau tidak bangkrut.

MEMBELI PROPERTI

Ada dua cara membeli properti, beli langsung atau via lelang.

Kamu bisa membeli langsung, ketika kamu mendarat pada petak properti yang belum dimiliki oleh pemain lain, dan membayar sesuai dengan harga yang tertera pada petak kepada Bank. Setelah membeli, kamu akan mendapatkan kartu Sertifikat Tanah atas properti tersebut. Taruh kartu tersebut dalam posisi terbuka di depanmu. 

Tapi, kalau kamu tidak mau membelinya, Bank akan langsung menjualnya dengan cara lelang dan  Sertifikat Tanah akan diberikan kepada penawar tertinggi. Dengan catatan, semua pemain, termasuk pemain yang menolak untuk membeli properti pada harga yang tertera pada petak boleh ikut dalam pelelangan. Pelelangan bisa dimulai dari harga berapapun yang ditentukan oleh Bankir.

MEMBELI RUMAH DAN HOTEL

Nah, kalau udah beli tanah pasti dong mau bangun Rumah atau Hotel biar harga sewanya makin tinggi.

Tapiii… kamu hanya bisa membeli rumah dari Bank kalau kamu sudah mempunyai semua Sertifikat Tanah dalam grup warna yang sama (Jadi gak bisa tuh cuma punya satu Sertifikat Tanah warna tertentu, terus bisa punya hotel atau semacamnya).

Kamu bisa menempatkan rumah pada properti manapun dalam grup warna yang sudah lengkap. Tapi, pembangunan harus dilakukan secara merata.

Artinya kamu harus melengkapi setiap baris dengan 1 rumah dahulu sebelum bisa menambah menjadi 2 rumah, dan seterusnya.

Kamu tidak bisa bangun 3 rumah pada satu properti aja, pembangunan harus dilakukan secara merata, pada grup warna yang sudah lengkap. Harga rumah tertera pada masing-masing kartu Sertifikat Tanah. 

Nah, mengikuti aturan di atas, kamu bisa membeli dan mendirikan rumah kapanpun dan sebanyak apapun, selama stok bangunan masih tersedia dan kamu punya uang untuk melakukannya sampai pada batas empat rumah di setiap properti.

Setelah punya empat rumah pada setiap properti dalam grup warna tertentu, kamu baru bisa membeli Hotel dari Bank. Saat membeli Hotel, kamu harus mengembalikan keempat rumah dari properti tersebut kepada Bank dan membayar harga pembangunan Hotel sesuai dengan yang tertera pada kartu Sertifikat Tanah. Kamu hanya bisa mendirikan satu Hotel per properti.

Meskipun sudah punya rumah, Tuan tanah tetap memperoleh uang sewa dua kali lipat pada properti yang belum dikembangkan dalam grup warna yang sudah lengkap. (Kita akan bahas aturan ini di bagian MEMBAYAR SEWA)

KEKURANGAN BANGUNAN

Ketika Bank sudah tidak punya stok Rumah untuk dijual, pemain yang mau membangun rumah harus menunggu pemain lain untuk mengembalikan atau menjual rumahnya kepada Bank.

Kalau stok Rumah atau Hotel yang tersedia sudah mau habis dan ada lebih dari satu pemain yang mau membangun, Rumah atau Hotel harus dijual dengan cara lelang dan bangunan diberikan kepada penawar tertinggi.

MEMBAYAR SEWA

Ketika kamu mendarat pada properti yang sudah dibeli oleh pemain lain, kamu harus membayar uang sewa kepada Tuan tanah sesuai dengan harga yang tertera pada kartu Sertifikat Tanah. 

Kalau properti itu sedang dihipotek atau bahasa sederhananya digadai, kamu tidak perlu membayar uang sewa kepada Tuan tanah. 

Ketika properti digadai, kartu Sertifikat Tanah ditaruh dalam posisi terbalik di depan pemilik kartu.

Kalau kamu punya semua Sertifikat Tanah dalam grup warna yang sama (misal warna merah atau kuning), harga uang sewa pada properti dalam grup warna tersebut menjadi dua kali lipat.

Tapi hal ini hanya berlaku untuk properti yang belum dikembangkan (tidak punya Rumah dan Hotel). Meskipun ada properti dalam grup warna tersebut yang digadai, harga sewanya tetap dua kali lipat.

Harga sewa pada properti yang mempunyai Rumah atau Hotel, sama seperti yang tertera pada kartu Sertifikat Tanah, tidak menjadi dua kali lipat.

Tuan tanah harus langsung menagih uang sewa kepada pemain yang memasuki propertinya sebelum pemain berikutnya melempar dadu. Kalau itu gagal dilakukan, maka pemain tersebut tidak perlu membayar uang sewa.

MENJUAL PROPERTI

Sertifikat Tanah, perusahaan kereta api, dan utilitas bisa dijual ke pemain lain sebagai transaksi pribadi untuk harga yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Namun, kamu tidak bisa menjual Sertifikat Tanah kalau ada bangunan (Rumah atau Hotel) yang berdiri pada properti manapun dalam grup warna tersebut. Semua bangunan harus dijual kepada Bank terlebih dahulu sebelum tuan tanah bisa menjual Sertifikat Tanah manapun dalam grup warna yang sama.

Rumah dan Hotel bisa dijual kembali kepada bank kapanpun, dengan harga, setengah dari harga belinya. Semua rumah dan hotel bisa dijual sekaligus ataupun dijual satu persatu, secara merata, dalam urutan terbalik dari cara membangunnya.

MEMBAYAR PAJAK PENGHASILAN

Kalau kamu mendarat pada petak ini, kamu punya dua pilihan. Kamu membayar perkiraan pajak sebesar $200 kepada bank, atau membayar 10% dari total kekayaanmu kepada bank. 

Total kekayaan adalah jumlah dari seluruh uang di tangan, ditambah nilai yang tercetak pada properti yang digadai dan tidak digadai, ditambah harga beli dari semua bangunan yang kamu miliki (hotel & rumah) 

Sebagai catatan, kamu harus memilih metode pembayaranmu terlebih dahulu sebelum menghitung total kekayaan. 

Oke, itu adalah mekanik utama atau inti dari permainan Monopoly, membeli, menjual, dan menyewakan Properti, sampai semua pemain lain bangkrut! Berikutnya kita akan membahas komponen-komponen yang ada pada papan permainan. Kita mulai dengan:

GO!

Setiap kali kamu mendarat atau melewati petak GO, baik itu dengan cara melempar dadu ataupun dari mengambil kartu, Bankir akan membayar Gaji kepadamu sebesar $200. $200 ini hanya akan dibayar satu kali dalam satu putaran.

Tetapi, kalau kamu sudah melewati GO pada saat melempar dadu, dan mendarat pada petak Kesempatan atau Dana Umum, kemudian mendapatkan kartu “Advance to GO”, kamu akan mendapatkan dua kali gaji.

$200 pertama karena telah melewati GO, dan $200 lagi karena mendarat di GO untuk kedua kalinya sesuai dengan instruksi dari kartu.

KESEMPATAN DAN DANA UMUM

Ketika kamu mendarat pada salah satu petak ini, ambil satu kartu dari tumpukan yang dimaksud. Ikuti instruksi yang tertera pada kartu dan kembalikan kartu pada bagian paling bawah tumpukan dalam posisi tertutup.

Kartu “Get Out of Jail Free” disimpan sampai kartu tersebut dipakai. Setelah terpakai, kembalikan kartu pada bagian paling bawah tumpukan dalam posisi tertutup. Kalau kamu tidak mau menggunakannya, kamu bisa menjualnya kapanpun kepada pemain lain, dengan harga yang sudah disepakati. 

FREE PARKING/PARKIR GRATIS

Pemain yang mendarat pada petak ini tidak mendapatkan uang, properti, atau hadiah apapun. Ini hanyalah sebuah tempat peristirahatan gratis. 

PENJARA

Kamu akan masuk penjara kalau:

  1. Kamu mendarat pada petak yang bertuliskan “go to jail/masuk penjara” 
  2. Kamu mengambil kartu yang bertuliskan “go to jail/masuk penjara”
  3. Kamu mendapatkan angka ganda sebanyak 3 kali berturut-turut

Kalau kamu dikirim ke penjara, kamu tidak bisa mengambil gaji dalam giliran tersebut. Tidak peduli dimana posisimu saat itu, kamu langsung masuk penjara. Giliranmu akan langsung berakhir kalau kamu masuk penjara. 

Kalau kamu tidak dikirim ke penjara, tetapi mendarat di petak ‘penjara’, maka kamu hanya lewat penjara, tidak ada penalti dan kamu bisa berjalan lagi seperti biasa pada giliran berikutnya. 

Kamu akan keluar dari penjara kalau:

  1. Kamu berhasil melempar angka ganda. Kemudian kamu akan langsung maju sesuai dengan jumlah angka yang ditunjukkan. Tapi, meski mendapat angka ganda, kamu tidak bisa melempar dadu lagi. 
  2. Menggunakan kartu “Get Out of Jail Free” 
  3. Membeli kartu “Get Out of Jail Free” dari pemain lain. 
  4. Membayar denda $50 sebelum melempar dadu, pada 2 giliran pertama setelah masuk penjara. Kalau kamu gagal mendapatkan angka ganda pada giliran ke-3, kamu harus membayar denda $50. Kemudian kamu langsung berjalan sesuai jumlah angka dadu. 

Meski berada di dalam penjara, kamu masih bisa membeli atau menjual properti, membeli atau menjual rumah dan hotel, serta tetap menerima uang sewa. 

HIPOTEK / GADAI

Properti yang belum dikembangkan bisa digadai kepada Bank kapanpun. Tapi, sebelum kamu bisa menggadai Sertifikat Tanah, semua bangunan dalam grup warna yang ingin digadai harus dijual kembali kepada bank pada harga, setengah harga belinya. Nilai gadai tertera pada masing-masing Sertifikat Tanah.

Properti atau utilitas yang digadai tidak menghasilkan uang sewa.

Untuk menghapus status gadai, pemilik Sertifikat Tanah harus membayar nilai gadai ditambah bunga 10% kepada Bank. Ketika semua properti dalam grup warna tersebut sudah tidak digadaikan, tuan tanah bisa membeli ulang bangunan dengan harga penuh.

Pemain yang menggadai propertinya tetap punya hak atas properti tersebut, dan tidak ada pemain lain yang bisa mengambilnya dengan mengangkat status gadai dari Bank. Tapi, pemegang Sertifikat Tanah bisa menjual properti yang sedang digadai kepada pemain lain dengan harga yang disepakati. 

Kalau kamu adalah pemilik baru dari properti tersebut, kamu bisa langsung mengangkat status gadainya dengan membayar nilai gadai ditambah 10% bunga kepada Bank.

Tapi, kalau kamu tidak langsung menghapus status gadai, kamu harus membayar bunga 10% kepada Bank saat kamu membeli properti tersebut, dan pada saat menghapus status gadai di giliran setelahnya, kamu masih harus membayar nilai gadai ditambah bunga 10% lagi.

KEBANGKRUTAN

Kamu akan dinyatakan bangkrut kalau kamu punya tagihan yang lebih besar daripada yang bisa kamu bayar, baik itu kepada pemain lain ataupun kepada Bank. Kalau kamu berhutang kepada pemain, kamu harus memberikan semua yang kamu punya kepada pemain tersebut, dan keluar dari permainan.

Dengan catatan, kalau kamu punya rumah atau hotel, kamu harus menjual semua itu kepada Bank dengan harga, setengah dari harga beli. Uang ini kemudian diberikan kepada kreditur atau pemain tersebut. Kalau kamu punya properti yang digadai, kamu juga akan memberikannya kepada kreditur, tapi pemilik yang baru harus langsung membayar kepada Bank sejumlah 10% dari nilai properti.

Kemudian pemilik yang baru bisa memilih untuk langsung membayar nilai gadai pada properti tersebut dan menghapus status gadainya, atau membiarkannya dalam kondisi masih digadai. Kalau kamu membiarkannya dulu sampai pada giliran berikutnya, maka kamu harus membayar lagi bunga 10% ditambah harga gadai saat mau menghapus status gadai.

Kalau kamu bangkrut karena Bank, baik itu karena pajak atau penalti, kamu harus mengembalikan semua aset yang kamu miliki kepada Bank. Kemudian, Bank akan langsung melelang semua properti yang didapatnya dalam keadaan kosong (tidak ada rumah atau hotel). 

Pemain yang bangkrut langsung keluar dari permainan dan pemain terakhir yang bertahan adalah pemenangnya.

LAIN-LAIN

Pemain hanya bisa meminjam uang ke Bank dengan cara menggadai properti. Selain itu, tidak ada cara lain untuk meminjam uang, baik dengan Bank ataupun pemain lain.

Report

What do you think?

10 Points
Upvote Downvote

Written by Papachan

Papachan adalah seorang Video Editor, Translator dan Voiceover di pagi hari. Seorang gamer di malam hari. Tertarik untuk mencoba semua genre game. Menyukai game-game FPS, horror dan indie, namun sangat buruk dalam game fighting dan racing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Permainan ‘Horor’ Asal Spanyol: Pemanggilan Roh Halus!

5 Tanda Kalau Kamu Benar-Benar Jatuh Cinta (Versi Anti Mainstream !)