in

Kangen Kampoeng, Olahan Rumahan bikin Kangen Orang Tua

Kangen Kampoeng, Olahan Rumahan yang Bikin Kamu Makin Kangen Kampung Halaman

Ngomong-ngomong soal kampung halaman, pasti yang dikangenin bisa aja soal masakan emak yang gak ada duanya. Bayangin deh tiap kamu pulang pasti emak langsung sibuk di dapur cuma buat masakin masakan kesukaan kamu. Hehehe … hayoo ngaku??

Salah satu masakan daerah yang terkenal adalah sambal. Apalagi kalau sambalnya ada varian yang cumi dan petai, pasti langsung jadi sajian yang menggugah selera. Nah ada Kangen Kampoeng yang siap memanjakan lidah kamu tanpa kamu harus pulang kampung, hehehe ….

Sang owner Kangen Kampoeng yaitu Cahaya Septiana mendirikan usaha ini dari awal Juli 2020. Nama Kangen Kampoeng sengaja dipilih karena notabene Kak Cahaya yang juga perantau di Jakarta merasa istilah Kangen Kampoeng cocok dengan usaha makanan yang ingin didirikan, karena Kak Cahaya ke depannya ingin menjual menu masakan daerah.

Kangen Kampoeng dimulai di masa pandemi yaitu pada bulan Juli 2020. Awal mulanya dikarenakan Kak Cahaya ingin mengeksplor hobi memasak dan mengisi kegiatan selama pandemi.

Produk awal Kangen Kampoeng yaitu sambal cumi, berawal dari kesukaan sang owner terhadap sambal dan target penjualan awal hanyalah orang-orang terdekat yang juga menyukai sambal. Seiring berjalannya waktu akhirnya memberanikan diri untuk berjualan online dengan sistem preorder.

Pembuatan sambal ala Kangen Kampoeng ternyata cukup mudah. Sang owner memberikan sedikit rahasianya loh. Pertama-tama adalah sambal bawang dari olahan cabai setan dan cabai keriting segar dengan bawang merah serta bawang putih.

Setelah itu diberikan baby cumi asin dan dimasak menggunakan rempah-rempah pilihan kemudian dikemas rapi dengan botol plastik yang tertutup rapat. Tenang aja untuk jumlah baby cumi cukup berlimpah dan tidak terasa asin hehehe …

Ternyata ada beberapa varian sambal yang bisa kamu dapatkan di Kangen Kampoeng. Diantaranya sambal cumi (level pedas dan sedang), sambal teri (level pedas dan sedang), sambal cumi petai, oseng cumi dan juga bawang goreng.

Eitss … ada kejutan menarik dari Kangen Kampoeng spesial bulan Ramadhan yaitu dendeng balado dan belut goreng balado. Waaahhh …. Pasti cocok buat menu sahur ataupun berbuka puasa nii.

Nah, ternyata sang owner memiliki pengalaman menarik saat awal penjualan. Pengalaman tersebut membuat sang owner terus berbenah mengenai packaging agar tetap aman selama pengiriman. Alhasil sekarang packaging sudah jauh lebih rapi dan aman.

“Awal berjualan online preorder kita mendapatkan beberapa pesanan ke luar pulau Jawa, minyak sambalnya bocor ketika sampai di pelanggan. Padahal saat itu kita sudah merasa maksimal dalam pengemasan namun ternyata masih salah. Dari situ kita mulai membenahi packaging produk kita agar aman saat pengiriman keluar kota. Hingga hari ini alhamdulillah packaging produk kita sudah aman dikirim kemana pun.”

Cahaya – Owner Kangen Kampoeng

Terakhir, kak Cahaya sekaligus owner dari Kangen Kampoeng berpesan jangan takut untuk memulai usaha apalagi ketika kita sudah mempunyai ide bisnis. Ada banyak sekali referensi cara memulai usaha  dan cara memasarkan prosuk secara digital di Internet.  Tetap semangat 😊

Buat kamu yang mau nikmati lezatnya sambal ala Kangen Kampoeng tanpa harus pulang kampung bisa kunjungi IG @kangen.kampoeng dan chat ke nomor WhatsApp (0812-7873-4132) atau langsung cuss ke Shoope “Kangen Kampoeng”

Report

What do you think?

27 Points
Upvote Downvote

Written by hutrinaisni

Perempuan sederhana asal Yogyakarta yang sedang mengadu nasib di ibukota. Penyuka Doraemon, content writer dan social media addict. Saat ini sibuk mempelajari banyak hal tentang dunia tulis menulis.

Punya motto: “Aku ya aku dengan segala kekurangan dan kelebihan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Film : The Shining (1980)

Review Film: October 2018