in ,

Misteri ‘Kuburan Perahu’ di Luwuk Banggai

Klik tombol play di atas untuk mendengarkan artikel Kisah Seram Misteri ‘Kuburan Perahu’ di Luwuk Banggai


Sebuah kuburan berbentuk perahu terletak di Desa Lobu, kabupaten Luwuk Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah.

Bagi masyarakat di daerah ini, Kuburan Perahu merupakan salah satu kuburan keramat, karena dipercaya sebagai kuburan tokoh masyarakat setempat yang memiliki kesaktian. Para peneliti memperkirakan, jasad yang ada dalam Kuburan Perahu ini telah berusia 400 tahun.

Anehnya, satu Kuburan Perahu ini  berisi dua jasad. Selain itu, jasadnya pun tidak dimakamkan di dalam tanah seperti pemakaman pada umumnya, melainkan diletakan begitu saja di dalam bangunan perahu tersebut.

Hal ini karena keduanya belum memeluk agama Islam maupun Kristen. Dengan kata lain, boleh jadi keduanya masih menganut kepercayaan-kepercayaan kuno masyarakat Indonesia seperti animisme dan dinamisme. 

Kalau kamu bukan keturunan atau ahli warisnya, maka kamu tidak diizinkan untuk membuka bahkan sekedar mengintip – apa yang ada di dalam kuburan perahu ini. Jika nekat, maka  kamu akan tertimpa malapetaka.

Orang-orang yang nekat melanggar larangan tersebut, mengalami beberapa kejadian buruk seperti wajah bahkan matanya disengat tawon. Ada pula yang kerasukan. Jadi, hanya keturunannyalah yang bisa melakukan hal tersebut.

Sama seperti kuburan-kuburan keramat lainnya, kuburan ini begitu menarik perhatian para pengunjung maupun peziarah dari daerah lain. Entah hanya sekedar melihat langsung keunikan kuburan ini atau memohonkan berkah.

Uniknya, setelah menyampaikan maksud mereka, para pengunjung atau peziarah akan melempar koin ke arah kuburan perahu ini sebelum pulang, sebagai tanda pamit dan ucapan terima kasih.


Sumber Utama  :
Silet RCTI dan Cerita dari beberapa masyarakat asli Luwuk Banggai.

Report

What do you think?

25 Points
Upvote Downvote

Written by Jeane Derdanela

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review Film: October 2018

APA ITU – Black Book ?