in

APA ITU – Shadow Tactics: Blades of the Shogun

YouTube player

Hi Manusia Malam, siapa diantara kamu yang suka main game stealth? Nah, dalam episode APA ITU kali ini, saya akan membahas tentang game Shadow Tactics: Blades of the Shogun!

INFORMASI DASAR

Shadow Tactics: Blades of the Shogun adalah game stealth-oriented Real-time Tactics yang didevelop oleh Mimimi Games dan dipublish oleh Daedalic Entertainment.

Game ini pertama kali dirilis pada akhir tahun 2016 untuk platform PC (Windows, Mac, Linux). Pada awal tahun 2017 game ini pun merambah ke konsol PlayStation 4 dan Xbox One.

Game yang dibanderol dengan harga Rp.270,000 di Steam ini, akan memiliki 13 Mission dan menawarkan durasi permainan selama kurang lebih 25 jam.

Shadow Tactics juga men-support beberapa bahasa, tapi sayangnya bahasa Indonesia belum tersedia. Game ini dihidupkan oleh Voiceover yang terdengar bagus dan pas dengan karakternya, baik untuk bahasa Inggris ataupun Jepang.

Yap kamu tidak salah denger, ada dua Voice yang bisa kamu pilih! 

Eits! buat kamu yang udah tidak sabar ingin membeli gamenya tunggu dulu, ini adalah system requirement yang untuk bisa mainin ini game… You’re Welcome!


MINIMUM:
OS: Windows Vista 64-bit
Processor: Intel i3 2nd-Generation 2.5GHz, AMD Quad-Core 2.5GHz
Memory: 4 GB RAM
Graphics: Nvidia GT640, AMD Radeon HD7750, 1GB Vram
DirectX: Version 10
Storage: 13 GB available space
Sound Card: DirectX 9.0c Compatible Sound Card with Latest Drivers


RECOMMENDED:
OS: Windows 7 64-bit or higher, Windows 8, Windows 10
Processor: Intel i3 4th-Generation 3.5GHz, AMD Quad-Core 3.9GHz
Memory: 6 GB RAM
Graphics: Nvidia GTX 570, AMD Radeon HD 6950, 2GB Vram
DirectX: Version 11
Storage: 13 GB available space
Sound Card: DirectX 9.0c Compatible Sound Card with Latest Drivers
Additional Notes: Installing the game on an SSD improves loading times.


LATAR CERITA

Berlatar di zaman Edo, Jepang pada tahun 1615. Seorang Shogun berhasil merebut kekuasaan di seluruh Jepang dan menciptakan kedamaian.

Namun, menjaga Jepang tetap aman dan damai tidaklah mudah. Ada seseorang dengan nama Kage-sama yang berniat untuk menggulingkan sang Shogun dan menciptakan kekacauan.

Demi mengatasi konspirasi dan pemberontakan, sang Shogun pun merekrut lima orang pasukan yang ahli dalam bidang pembunuhan, sabotase dan pengintaian untuk menghentikan Kage-sama.

GAMEPLAY

Shadow Tactics disebut-sebut sebagai game yang mirip dengan seri game Commandos dan Desperados.

Jujur saya belum pernah memainkan kedua seri game tersebut, tapi setelah melihat beberapa cuplikan gameplay dari kedua game tersebut, memang sekilas ada beberapa gaya yang terlihat mirip, seperti angle camera isometricnya, line of sight dari musuh, dan gaya bermain yang stealthy.

Tapi menurut saya, game ini memberikan vibe game Hitman, karena kamu harus mengendap-endap, mengamati pattern penjaga, tapi juga diberikan kebebasan gaya bermain yang benar-benar bebas.

Baik itu super stealthy-ninja style dimana kamu benar-benar tidak ketahuan, tidak melakukan pembunuhan sama sekali – kecuali untuk target yang memang harus dibunuh – atau mungkin kamu mau menyingkirkan semua penjaga yang ada agar kamu bisa bergerak dengan lebih leluasa?

Apapun gaya bermainnya, kamu bisa melakukannya! Tapi, meskipun kamu bebas memilih cara bermain, tetap ada satu hal yang wajib kamu ingat, be stealthy!

Mungkin kamu berpikir “Loh katanya bebas bisa ngebunuh tapi masih harus stealthy, maksudnya gimana sih?” Maksudnya, kamu memang bisa membunuh para penjaga, tapi bukan berarti kamu mainnya tabrak lari.

Karena kalau kamu ketahuan atau ada penjaga yang menemukan mayat, mereka akan memanggil bala bantuan, dan kalau sudah ketahuan kemungkinan besar kamu akan mati. Yah, namanya juga kan game tactic, game strategy, bukan game beat-em up, jadi tentu masih dibutuhkan pemikiran.

Nah, Shadow Tactics juga memberikan kita lima karakter yang memiliki karakteristik dan kemampuan yang unik.

Selain taktik, kita juga diharuskan bertindak secara cepat dan efisien. Sebagai contoh, ada waktu dimana saya harus menyelinap melewati gerbang yang dijaga oleh dua penjaga.

Saya harus memastikan timing untuk mengeksekusi serangan, menyembunyikan tubuh penjaga, dan menyelinap memasuki gerbang tanpa terlihat oleh penjaga yang sedang berpatroli.

Kamu mungkin berpikir “Kalau salah langkah udah dong, abis kita.” Ya, kurang lebih begitu. Karenanya, sebelum melakukan tindakan kita harus mengamati dulu pattern gerakan si penjaga, disekitar kita ada benda-benda apa aja yang bisa membantu untuk mendapatkan posisi atau situasi yang lebih unggul, dan lainnya. Intinya kamu tetap harus berhati-hati.

Tapi tenang, untuk membuat game ini tidak terlalu gila, kita diberikan fitur quicksave dan quickload yang bisa diaktifkan kapanpun. Jadi kalau salah langkah, kamu bisa langsung tekan tombol quickload untuk meng-undo gerakanmu.

Game ini bisa dimainkan full menggunakan controller ataupun keyboard and mouse. Seperti pada game-game modern lainnya, kontrolnya akan otomatis berpindah kalau kamu mengklik mouse atau menekan tombol pada controller.

Shadow Tactics juga memiliki tingkat replayability yang tinggi. Kamu bisa melakukan berbagai macam cara yang berbeda pada setiap kali bermain,baik itu misi baru atau misi lama. Selain itu, pada akhir misi kita akan diperlihatkan statistik dan juga achievement yang sudah didapatkan.

Buat kamu orang-orang yang completionist, pasti kurang kan rasanya kalau main tapi achievementnya tidak komplit? Atau kalau kamu suka tantangan, ada speedrun challenge yang mengharuskan kamu untuk menyelesaikan misi di bawah waktu yang sudah ditentukan dan tantangan untuk menyelesaikan misi dengan tingkat kesulitan hard.

KESIMPULAN

Sejauh ini saya sudah memainkannya selama hampir 10 jam dan secara keseluruhan mekanik dan kontrolnya solid, storynya menarik – terutama kalau kamu suka dengan tema zaman kekaisaran Jepang – Saya juga belum menemukan bug dalam game ini.

Saya rasa harga Rp.270,000 itu worth it banget. Kita mendapatkan permainan yang menantang dengan durasi permainan kurang lebih 25 jam, ditambah dengan tingkat replayability yang tinggi.

Jadi, buat kamu yang suka game-game taktik, puzzle, dengan unsur stealth di dalamnya, saya sangat merekomendasikan game ini.

Report

What do you think?

16 Points
Upvote Downvote

Written by Papachan

Papachan adalah seorang Video Editor, Translator dan Voiceover di pagi hari. Seorang gamer di malam hari. Tertarik untuk mencoba semua genre game. Menyukai game-game FPS, horror dan indie, namun sangat buruk dalam game fighting dan racing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Belum Nonton Juga? Meteor Garden Versi 2018 Bikin Baper!

Panggilan 911 yang Tidak Masuk Akal [Part 1]