in

Tak perlu keliling Indonesia, cukup mampir ke Warkop Nusantara

Kalian asing gak sama minuman yang bernama Teh Poci, Wedang Uwuh, Bandrek, Bajigur, dan Bir Pletok? Buat kalian yang masih asing, minuman ini adalah minuman tradisional Indonesia loh. Misalnya aja Teh Poci yang berasal dari Tegal dan Wedang Uwuh berasal dari Yogyakarta. Ada yang bisa nebak gak Bandrek dan Bajigur berasal dari kota mana? Hehehe … kamu gak perlu harus keliling Indonesia, cukup sempatkan waktu ke Warkop Nusantara aja.

 Sejarah Berdiri

Warkop Nusantara didirikan oleh bapak muda dengan 2 orang anak yang bernama Muhammad Fazar Iskandar. Kak Pajar, begitu nama panggilannya, mengungkapkan awal mula berdirinya Warkop Nusantara berawal dari kerinduan teman-temannya akan minuman tradisional yang ada di kampung. Apalagi kala itu, minuman tradisional bagus meningkatkan daya imunitas tubuh di masa pandemi seperti sekarang ini. Akhirnya di pertengahan 2020, kak Pajar memutuskan membuka usaha warkop di malam hari.

Di sela-sela kesibukannya yang juga sebagai karyawan, kak Pajar juga harus berfokus ke Warkop Nusantara juga loh. Nama tersebut sengaja dipilih karena pada awalnya memang hanya fokus berjualan ke minuman tradisional. Namun seiring berjalannya waktu, muncul menu-menu baru seperti Kopi Jahe, Susu Jahe, Es Kopi dan sebagainya mengikuti trend minuman yang sedang diminat oleh konsumen.

Selain minuman di atas, Warkop Nusantara juga menjual menu Dalgona yang ternyata menjadi favorit konsumen loh. Menu Dalgona ini berbagi menjadi 2 varian yaitu Dalgona Original dan Dalgona Blend dengan 3 rasa yang berbeda. Di luar ekspetasi kak Pajar, ternyata konsumen Warkop Nusantara adalah kawula muda dan tentunya masih asing dong dengan minuman tradisional.

Berbicara soal perjalanan Warkop Nusantara sampai saat ini, kak Pajar menceritakan bagaimana suka duka selama menjalankan usahanya. Pada awal pembukaan, penjualan sangat pesat dan warkop sering penuh. Tak hanya itu, orderan pun terus muncul baik offline maupun online. Bahkan sering sampai tidak dapat tempat duduk untuk sekedar menikmati minumannya. Namun keadaan berbalik 360 derajat ketika pandemi mulai tinggi kasusnya dan mencekik perekonomian masyarakat. Kak Pajar mengungkapkan, minat pembeli pun semakin berkurang dan bahkan hanya bisa menjual satu atau dua cup minuman saja.

“Banyak karyawan saya berhenti dan mencari pekerjaan yang lebih baik. Bahkan saya sempat pernah berhutang hanya demi membayar biaya sekolah anak pertama saya. Tapi saya tetap memiliki keyakinan terhadap Allah SWT yang akan selalu menjaga hambanya ” tutur kak Pajar dengan nada sedih.

Kak Pajar terus memanjatkan doa setiap harinya agar semua ada jalan keluarnya. Di balik semua kejadian tersebut, kak Pajar terus berinovasi dan tetap istiqomah. Perlahan tapi pasti, ternyata usaha kak Pajar membuahkan hasil dimana penjualan perlahan berangsur pulih.

Dari pengalaman yang pernah dialami, kak Pajar menyampaikan pesan buat kalian yang ingin memulai usaha

“Buatlah usaha yang dimana usaha itu menjadi hal yang Anda sukai. Tidak ada perjalanan usaha yang mulus. Aspal mulus saja bisa terjadi kecelakaan. Artinya sebaik apapun perhitungan Anda , secerdas apapun Anda. Menurut saya semua pasti ada seninya sendiri. Jangan menyerah, karena ujian yang ada akan membuat Anda naik kelas.”

Waaah … seru banget cerita dan pengalaman selama perjalanan Warkop Nusantara. Buat kamu yang mau tahu di mana tempatnya bisa langsung cek di Jl.Haji Jusin Rt 10 Rw 01 No. 2. Ciracas Jakarta Timur. Atau kamu juga bisa melakukan pemesanan via online Grab Food “Warkop Nusantara” dan bisa hubungi via WhatsApp ke nomor 0812-1013-2707 yaa. Jangan lupa follow Instagram @warkopnusantara02  yaa 😊

Report

What do you think?

Written by hutrinaisni

Perempuan sederhana asal Yogyakarta yang sedang mengadu nasib di ibukota. Penyuka Doraemon, content writer dan social media addict. Saat ini sibuk mempelajari banyak hal tentang dunia tulis menulis.

Punya motto: “Aku ya aku dengan segala kekurangan dan kelebihan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Makna Kelam Di Balik Lagu Anak ‘Ring Around the Rosie’

3 Episodes ‘Thriller Horor’ MMS