in

Saat Nintendo Bikin Masa Kecil Kita Bahagia

Jauh sebelum anak zaman sekarang bermain game menggunakan ponsel atau perangkat PC, generasi 90-an juga memiliki perangkat game yang bikin masa kecil begitu bahagia dan berwarna. Buat generasi 90-an pasti pernah memainkan game Contra atau Sonic the Hedgehog di Nintendo, Berikut adalah sejarah nintendo.

Tapi pernah tahukah kamu kapan dan siapa penemu Nintendo? Sebelum kita bahas soal Nintendo yang bikin masa kecil kita bahagia, mari membahas awal pertama kali video game. Dari sejumlah literasi, awal permainan video game tercipta di 1940-an. Penciptanya Thomas T. Goldsmith Jr. dan Estle Ray Mann. 

Thomas adalah seorang profesor di bidang fisika dari Universitas Cornell di Amerika Serikat. Awalnya dua orang ini membuat video game awal tabung sinar katoda berbasis pertahanan peluru kendali. Lalu di era 50-an hingga 60-an, video game mulai muncul di perangat komuter. 

Sejarah Nintendo

Di awal 70-an, tepatnya pada 1972, perangkat game portable genggam pertama dirilis. Waco Company merilis game Tic Tac Toe. Game yang terinspirasi dari permainan serupa yang kerap dimainkan oleh masyarakat Mesir kuno. 

Semenjak saat itu video game pun mulai gandrung dinikmati oleh banyak kalangan. Di Jepang beberapa tahun jauh setelah game portable dirilis, Hiroshi Yamauchi, seorang pengusaha kartu remi mendirikan perusahaan bernama Nintendo. 

Nintendo awalnya memproduksi kartu remi asal Jepang, ‘Hanafuda’ yang dirilis di Kyoto pada 1889. Hanafuda yang begitu populer di Jepang membuat perusahaan Yamauchi mulai mengembangkan sistem proyeksi gambar dan menggunakan proyektor film.

Pada 1960-an, produksi kartu Hanafuda berhenti. Hal ini akibat stigma buruk masyakat Jepang terkait permainan ini. Perusahaan Nintendo kemudian diambil alih oleh cicit Hiroshi, Fusajira Yamauchi.

Menariknya, Hiroshi sendiri tidak terlalu suka bermain game. Dia hanya memainkan satu game sepanjang hidupnya. Keputusan Hiroshi untuk membuat game elektronik berbuah manis: Nintendo mendapatkan untung besar.

Nintendo memulai proses pembuatan video game pada 1975 dan tiga tahun kemudian, Nintendo merilis game pertama mereka bernama Othello. Game ini yang kemudian membawa Nintendo mendunia. 

Era 80-an, Nintendo laku keras di pasaran. Game Donkey Kong jadi penyebabnya. Game ini dibuat oleh seorang desainer video game. Sosok ini juga yang membuat video game Mario Bros dan The Legend of Zelda yang melegenda. 

Sebagai game bergenre arcade, game Donkey Kong begitu cepat popular. Setelah sukses dengan video game, Nintendo mulai tertarik untuk membuat konsol. Nintendo meluncurkan konsol game pertamanya, Famicom, pada Juli 1983 di Jepang.

Lima tahun kemudian, Nintendo bekerjasama dengan Sony. Melalui kerja sama ini, Sony akan membuat aksesori CD-ROM untuk konsul Super Nintendo Entertainment System (SNES). Pada era ini juga, kita mengenal Nintendo indentik dengan game Contra. 

Game Contra pertama kali dirilis pada 1987. Setahun kemudian, game ini dirilis untuk versi konsul Nintendo Entertainment System (NES). Permainan satu ini harus dimainkan sama dua orang, biar seru! Jadi, di permainan ini kamu saling tembak-menambak dengan musuh. 

Level kesulitannya beragam. Yang paling sulit ketika melawan boss di setiap level. Tapi walaupun begitu permainan ini bikin ketagihan pada saat itu. 

Saat dunia memasuki era milenium, Nintendo meluncurkan Game Boy Advanced pada 2001. Game ini membuat Nintendo menguasai pasar konsol handheld. Saat semua orang sudah mulai mengubah kebiasaan bermain game menggunakan perangkat smartphone, Nintendo tak ingin ketinggalan. 

Pada 2016, Nintendo akhirnya memutuskan untuk berdamai dan merambah ke perangkat mobile dengan meluncurkan Miitomo. Masih di tahun yang sama, Nintendo meluncurkan Super Mario Run untuk perangkat IoS dan Maret 2017 untuk perangkat Android.

Penulis : Galih

Sumber

Report

What do you think?

11 Points
Upvote Downvote

Written by MalamMalam

MalamMalam adalah sebuah passion. Ini adalah platform untuk menyalurkan kecintaan kami terhadap voiceover, cerita horor dan video game.

Contact us: emailmalammalam@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Di Balik Rasisme dan Diskriminasinya Orang Korea Selatan

Keunikan Seni Decoupage dalam Produk @dyahcraft27