in ,

Kisah Tragis Jeremy Delle yang Diabadikan Pearl Jam

Jeremy merupakan salah satu karya Pearl Jam paling populer. Lagu ini dirilis pada 1992 dan menjadi single ketiga dalam album Ten. Vokalis Pearl Jam, Eddie Vedder, menciptakan lagu ini setelah membaca berita mengenai aksi bunuh diri remaja 15 tahun bernama Jeremy Delle.

Delle menghabisi nyawanya sendiri pada 8 Januari 1991 pada pukul 09.45. Aksi ini dilakukan Delle di SMA Richardson dan disaksikan oleh 30 murid dan seorang guru. Delle memilih bunuh diri dengan cara menembakkan pistol Magnum 357 ke mulutnya.

Kronologi Bunuh Diri Delle

Jeremy Delle tidak datang ke kelas Bahasa Inggris tepat waktu. Hal tersebut membuat Delle diminta gurunya untuk menyambangi kantor kepala sekolah dan meminta surat izin.

Tak lama setelah diminta keluar kelas, Delle kembali dengan membawa pistol Magnum 357. “Bu, akhirnya saya mendapat sesuatu yang benar-benar saya cari,” kata Delle sebelum menembakkan pistol tersebut ke dalam mulutnya.

Aksi tersebut sontak membuat 30 murid dan seorang guru yang hadir kaget. Ada cukup banyak murid yang berlarian keluar sambil menangis.

“Saya mendengar adanya bunyi dentuman dari arah kelas itu. Saya kira, mereka sedang berlatih untuk kelas drama,” kata Brian Jackson, seorang murid SMA Richardson yang berada di sekitar TKP, kepada Dallas Morning News.

“Tapi, kemudian saya melihat ada seorang murid yang berlari keluar kelas sambil menangis. Saya kemudian melihat keadaan di dalam kelas. Guru yang mengajar terlihat sangat kaget. Ia bersandar di tembok sambil menangis dan badannya bergetar,” kata Jackson menambahkan.

Faktor di Balik Aksi Bunuh Diri Delle

Delle merupakan sosok yang cukup penyendiri dan tidak terlalu sering bergaul dengan kawan-kawan sebayanya. Sebelum mengakhiri hidupnya, Delle sempat berpindah-pindah sekolah.

Delle berpindah-pindah sekolah karena ia tak memiliki kondisi psikologis yang stabil. Salah satu faktor di yang memicu kondisi psikologis Delle adalah perceraian kedua orang tuanya pada 1979. 

Perceraian tersebut membuat kedua orang tua Delle mulai tak memperhatikan tumbuh kembang sang anak. Beberapa laporan mengatakan bahwa Delle tidak merasa dicintai oleh kedua orang tuanya dan mulai mencoba berbagai narkoba di usia dini.

Delle tedaftar sebagai salah satu murid SMA Richardson semenjak Maret 1990. Sebelum pindah ke SMA Richardson, Delle sempat menimba ilmu di SMA Bryan Adams.

Sebelum pindah ke SMA Richardson, Delle sempat berpacaran dengan seorang remaja wanita bersama Nancy. Akan tetapi, hubungan mereka hanya bertahan seumur jagung. Sebulan setelah berpacaran, Nancy mengakhiri hubungan romantisnya dengan Delle.

Aksi ini membuat Delle nyaris mengakhiri hidupnya. Pada April 1990, Delle sempat melakukan percobaan bunuh diri dengan cara overdosis. Sebelum meregang nyawa, Delle berhasil diselamatkan dan ia langsung dilarikan ke rumah sakit.

Setelah nyawanya diselamatkan, Delle juga sempat berkencan dengan seorang gadis bersama Michelle. Akan tetapi, kisah Delle dan Michelle juga tak bertahan lama.

Setelah putus dari Michelle, Delle memulai perjalanan barunya di SMA Richardson. Dalam beberapa pekan pertamanya, Delle mulai gemar membuat ulah. Bahkan, pihak sekolah sempat tiga kali menggeledah loker milik Delle.

Pihak sekolah menemukan sejumlah barang mencurigakan dalam loker Delle, yakni beberapa botol tipex cair,  buku berjudul Cults that Kill, sebuah kaki rusa dan beberapa buku mengenai rumah tangga.

Pada November 1990, Delle mulai membicarakan niatnya untuk bunuh diri kepada beberapa teman sebayanya. Sebulan setelahnya, Delle juga sempat terlibat aksi kriminal. Ia dituduh mencuri uang dari biaya masuk pertandingan basket di SMA Richardson.

Pada Januari 1991, Delle mulai menulis surat bunuh diri dan mengirimkannya kepada rekan-rekannya. Akan tetapi, surat ini baru diterima tak lama setelah Delle mengakhiri hidupnya.

Pearl Jam

Aksi bunuh diri Delle sempat menjadi topik perbincangan hangat di Amerika Serikat. Salah satu sosok yang turut prihatin dengan aksi ini adalah vokalis Pearl Jam, Eddie Vedder.

Tak lama setelah membaca berita mengenai aksi bunuh diri Delle, Vedder langsung menciptakan lirik lagu Jeremy. Tak lama setelah ditulis, Pearl Jam langsung melakukan rekaman dan merilils Jeremy pada September 1992.

“Lirik di lagu ini berasal dari sebuah berita yang saya baca di surat kabar. Berita tersebut berisi mengenai aksi bunuh diri dan upaya untuk membalaskan dendam,” ujar Vedder kepada Rockline pada Oktober 1993.

“Setelah melakukan semuanya, ia hanya menjadi sebuah berita kecil di surat kabar. Menurut saya, aksi balas dendam terbaik adalah tetap hidup dan membuktikan diri Anda kepada khalayak. Anda harus bisa lebih kuat dari orang-orang itu,” sambung Vedder.

Awalnya, Jeremy tidak mencuri perhatian para penggemar musik. Jeremy baru mencuri perhatian ketika MTV mulai sering memutarkan video klip lagu ini.

Kini, Jeremy dikenal sebagai salah satu lagu terbaik Pearl Jam. Hingga Agustus 2021, lagu ini sudah diputar sebanyak 209 juta kali di Spotify.

Sumber

Penulis : kenza

Report

What do you think?

12 Points
Upvote Downvote

Written by MalamMalam

MalamMalam adalah sebuah passion. Ini adalah platform untuk menyalurkan kecintaan kami terhadap voiceover, cerita horor dan video game.

Contact us: emailmalammalam@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kebutuhan Anime untuk Musisi Jepang

Menyibak Misteri Lagu Gloomy Sunday