in ,

5 REKOMENDASI LAGU SKA BUAT KAMU YANG INGIN BERJOGET

Ska adalah sebuah genre musik yang diciptakan di Jamaika di akhir dekade 1950-an. Ska merupakan salah satu inspirasi terbesar di balik kelalahiran Reggae pada awal 1960-an.

Ska mencapai puncak popularitasnya di era 1980-an dan 1990-an. Di kedua era tersebut, Ska turut mendapat pengaruh besar dari genre-genre lain seperti Punk, Jazz, Pop dan Rock.

Saat ini Ska sudah tak lagi populer. Tapi, hal itu tidak membuat Ska kehilangan penikmatnya. Kehadiran banyak layanan streaming malah membuat Ska mendapat cukup banyak penggemar baru.

Nah, buat kamu yang mau coba dengerin Ska tapi bingung mau mulai dari mana, jangan khawatir. Malammalam sudah menyiapkan  lima rekomendasi lagu Ska buat kamu yang sudah gatal ingin berjoget. Cekidot!

  1. Mirror in the Bathroom – The English Beat
YouTube player

“Mirror in the bathroom, please talk free. The door is locked, just you and me. Can I take you to a restaurant that’s got a glass table? You can watch yourself while you are eating.”

Penggalan lirik di atas merupakan bait pertama dari lagu Mirror in the Bathroom yang dirilis The English Beat pada 1980 silam. Lagu ini merupakan single andalan dari album perdana The English Beat yang berjudul I Just Can’t Stop It.

Mirror in the Bathroom merupakan salah satu lagu ska paling populer di era 1980-an. Majalah ternama, NME menaruh tembang ini di urutan ke-3 dalam daftar lagu terbaik pada 1980.

  1. Middelalder – Razika
YouTube player

“Klokken er tolv og skal eg ikkje snart dra hem. For det begynner å bli sent og i morgen er det skole. En eg vil ikkje legge meg.”

Middelalder merupakan salah satu lagu andalan band ska asal Norwegia (Iya, betul. Ska juga populer di Norwegia), Razika yang dirilis pada 2011. Lagu ini dinyanyikan dengan bahasa Norwegia dan menceritakan mengenai seorang tokoh yang sedang nikmat berdansa di sebuah bar dan tidak ingin pulang.

Meski liriknya menggunakan bahasa Norwegia, Middelalder tetap bisa dinikmati oleh semua orang. Irama serta petikan gitar khas Ska yang cukup kental membuat kita semua bisa berjoget sembari mendengarkan tembang unik ini.

  1. Superman – Goldfinger
YouTube player

“So here I am, doing everything I can, holding on to what I am. Pretending I’m a superman.”

Potongan lirik di atas merupakan bait pertama dalam tembang berjudul Superman yang dipopulerkan grup asal Amerika Serikat, Goldfinger, pada era 1990-an silam. Superman merupakan salah satu tembang Ska paling populer di Amerika Serikat dan berbagai belahan dunia lainnya.

Tak cuma mengambil elemen Ska, Superman juga memiliki nuansa Punk-Rock yang cukup kental. Lirik yang relatable, irama yang asyik dan durasi lagu yang cukup pendek membuat Superman cocok banget buat kamu yang ingin joget sembari merindukan suasana di dalam moshpit.

  1. A Message to You Rudy – The Specials
YouTube player

Stop your messing around, better think of your future. Time to straighten right out, creating problems in town.”

Nggak lengkap kalau The Specials nggak masuk rekomendasi lagu-lagu Ska buat kamu. Karena, The Specials merupakan band Ska legendaris asal Inggris yang sangat populer pada era 1970-an hingga hari ini.

5 REKOMENDASI LAGU SKA

A Message to You Rudy merupakan karya The Specials yang paling populer. Lagu ini merupakan sebuah nasihat kepada seluruh anak muda agar tak terus mabuk-mabukan dan mulai memikirkan mengenai masa depannya. Lagu ini cocok buat kamu yang masih muda dan belum menemukan jati diri. Semoga, kamu bisa mendapat inspirasi setelah mendegar A Message to You Rudy, ya!

  1. Slonong Boy – Skastra
YouTube player

Tak ada potongan lirik yang bisa digunakan untuk tembang ini. Karena, Slonongboy merupakan lagu instrumental garapan band asal Depok, Skastra. 

Slonongboy bukanlah single maupun lagu paling populer dalam katalog milik Skastra. Tapi, lagu ini memiliki irama santai khas Reggae serta petikan gitar ala Rockabilly yang dipadankan dengan tiupan terompet yang asyik. Buat kamu yang ingin coba berjoget dengan lagu ska garapan band Indonesia, Slonongboy bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok!

Report

What do you think?

10 Points
Upvote Downvote

Written by MalamMalam

MalamMalam adalah sebuah passion. Ini adalah platform untuk menyalurkan kecintaan kami terhadap voiceover, cerita horor dan video game.

Contact us: emailmalammalam@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kisah Anansi ‘Goatman’ [Part 1]

BLACKPINK: The Movie, Persembahan Spesial untuk BLINK