in ,

Ritual Klenik di Lapangan Sepakbola

Bagi penggiat hal mistik, praktek ilmu hitam sering disebut dengan istilah ‘ngelmu’. Dikutip dari sejumlah literasi, ngelmu memiliki arti ajaran rahasia atau esoteris untuk pegangan hidup seseorang. 

Dalam Sêrat Wedatama karya Mangkunegara IV, “Ngelum iku, kalakone kanthi laku”. Apa artinya? ujung pengetahuan yang bersifat makrifat dan orang yang berusaha mencari ngelmu melalui cara salik atau mistikus.

Nah, beberapa waktu lalu, publik sepakbola sempat dihebohkan tentang kondisi mantan kiper timnas Indonesia dan Arema FC, Kurnia Meiga yang diduga mendapat penyakit misterius. 

Rumor terus berkembang dan membuat publik percaya bahwa Kurnia Meiga mendapat guna-guna. Meski kemudian pihak keluarga dan tim medis Arema menyebut Kurnia Meiga menderita penyakit typus. Nyatanya, publik sudah terlanjur percaya pada rumor yang berkembang sebelumnya. 

Faktanya jika kita bicara budaya masyarakat Indonesia, praktek mistik sudah menjadi identitas yang sulit untuk dipisahkan, termasuk di ranah ritual klenik sepakbola

Darmanto Simaepa di blog belakanggawang dengan lugas memaparkan fakta bahwa ada klenik di sepabola kita. 

Di tulisannya yang berjudul “Dari Gaud Sampai Ayat Suci, Dari Celana Dalam Hingga Tulang Babi”, Darmanto menyebut ritus aneh memang biasa di sebuah pertandingan sepabola, utamanya di tingkat tarkam. 

Ritual Klenik Sepakbola

Darmanto misalnya mencontohkan ritus tulang babi yang digunakan oleh salah satu kepala desa di Temanggung demi membuat tim sepabolanya meraih kemenangan. 

Di Lamongan, Jawa Timur, Darmanto juga menceritakan bahwa seorang dukun meminta anak-anak yang bakal bermain di kompetisi tingkat kecamatan untuk memakan telor setengah matang, sayangnya tidak semua pemain mau menuruti permintaan sang dukun, apa akibatnya tim tersebut kalah dan si dukun mencak-mencak. 

Atau yang lazim kita dengar membuang air kecil di samping gawang. Padahal jika kita menggunakan nalar, (mungkin saja) bau pesinglah yang sebenarnya membuat kiper lawan terkecoh dan tak konsentrasi menjaga gawang.

Sisi klenik di sepakbola nasional juga sempat jadi perhatian pada 2017. Ceritanya, klub Persegres Gresik United bertanding di Stadion Brawijaya, Kediri. 

Konon tim lawan selalu esulitan untuk membobol gawang di arah selatan stadion. Dari cerita yang beredar, terdapat sosok penunggu di selatan Stadion Brawijaya. Sosok tersebut diyakini sangat menyukai warna kuning. Tim dengan kostum warna kuning di stadion Kediri diyakini akan menjadi pemenang.

Cerita dari mulut ke mulut soal klenik di tarkam menjadi viral dan kemudian menjadi fakta dan kebenaran hakiki. Ritus klenik dari yang paling sulit seperti dikisahkan Darmanto Simaepa dengan kepala babi atau ritus sederhana memasukkan daun kelor ke dalam kaos kaki pemain jadi hal lumrah dilakukan satu tim.

Sebagai permainan yang dilakukan manusia, tak aneh sebenarnya jika praktek klenik sampai merasuki. Pasalnya menurut Bill Pitzer, dunia tidak akan seru tanpa sepakbola.

Artinya apa, keseruan sepabola itu dilakukan oleh manusia pada hakekatnya akan terus mencitrakan menjadi homo ludens, yakni wujudnya. Wujud seperti apa, wujud masyarakat Nusantara yang penuh dengan budaya, termasuk budaya klenik.

Klenik pada sepakbola sebenarnya tidak hanya terjadi di Indonesia, di Rwanda misalnya. Pada 2016 lalu terungkap kabar soal penggunaan santet di liga lokal di sana. FERWAFA, federasi sepakbola Rwanda bahkan sampai harus menerapkan aturan baru yakni pelarangan untuk semua klub yang main di kasta tertinggi menggunakan santet. 

Akibat kondisinya, Gordon Banks tak bisa turun di babak perempatfinal melawan Jerman Barat, ia digantikan oleh Peter Bonetti. 

Meski, dari kejadian yang menimpa Banks tidak pernah dibuktikkan bahwa ada unsur klenik yang mempengaruhi, publik sudah terlanjur percaya bahwa ada kekuatan tak kasat mata yang mempengaruhi. 

Credits

Penulis : Galih

Dibacakan oleh : PapaChan

Background Music:

Myuu

Horrorin

Report

What do you think?

12 Points
Upvote Downvote

Written by MalamMalam

MalamMalam adalah sebuah passion. Ini adalah platform untuk menyalurkan kecintaan kami terhadap voiceover, cerita horor dan video game.

Contact us: emailmalammalam@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Squid Game, Drakor Baru Bergenre Survival

CERITA DI BALIK TERCIPTANYA PARANOID, SALAH SATU ALBUM PALING BERPENGARUH DALAM SEJARAH METAL