in

Americano vs Long Black, Apa Sih Bedanya?

Americano dan Long Black merupakan dua jenis kopi populer yang memiliki cukup banyak penggemar di berbagai belahan dunia. Secara sekilas, Americano dan Long Black memiliki tampilan yang sedikit mirip. Mungkin, hanya para pecinta kopi kelas berat yang bisa membedakan Americano dan Long Black.

Americano dan Long Black merupakan sebuah kopi yang dibuat dengan campuran espresso dan air panas. Meski memiliki bahan serupa dan cita rasa yang tidak terlalu jauh berbeda, Americano dan Long Black ternyata memiliki beberapa perbedaan, loh!

Terus apa sih bedanya Americano vs Long Black? Tenang, Malammalam sudah merangkum perbedaan di antara kedua jenis kopi itu. Berikut ulasannya!

Long Black

AMERICANO VS LONG BLACK

Long Black berasal dari Australia dan Selandia Baru. Cara penyajiannya adalah dengan menyiapkan air panas terlebih dahulu di dalam gelas. Baru sesudahnya dituangkan secangkir espresso

Cara penyajian itu membuat Long Black bisa diindetifikasi dengan kehadiran buih kekuningan yang bernama krema. Bagi para pecinta kopi, krema adalah sesuatu yang tidak bisa diabaikan begitu saja karena bisa memberikan keseimbangan rasa.

Untuk masalah rasio air dan espresso, sesuai selera ya, guys. Normalnya, Long Black diisajikan dengan rasio 5:1 untuk air dan espresso. Tapi, kalau kamu mau rasa kopinya lebih kuat, rasio airnya tinggal diturunin sedikit ya!

Americano

Americano adalah minuman yang berasal dari Italia dan dipopulerkan para prajurit Amerika Serikat di era perang dunia kedua. Menurut mitos yang beredar, para prajurit Amerika Serikat tidak kuat meminum espresso. Nah, mereka menambahkan air panas agar rasa kopinya nggak terlalu kuat dan bisa diminum!

Satu hal yang membedakan Long Black dengan Americano adalah cara penyajiannya, guys! Americano disajikan dengan menuangkan air panas ke dalam cangkir yang sudah terisi satu shot espresso. Cara penyajian tersebut membuat Americano tidak memiliki krema yang terlalu banyak di permukaan cangkir.

Sama seperti Long Black, rasio antara air dan espressi bisa disesuaikan dengan selera. Jika ingin rasa kopi yang kuat, kalian bisa menggunakan rasio 2:3. Tapi, kalau kalian nggak kuat sama rasa kopi yang terlalu kuat, boleh juga pakai rasio 1:10 atau 1:7.

Nah, itu dia perbedaan antara Americano dan Long Black, guys! Pastinya sudah nggak bingung lagi kan? Yuklah kita ngopi dulu biar semangat!

Penulis : Kenza

Sumber

Report

What do you think?

12 Points
Upvote Downvote

Written by MalamMalam

MalamMalam adalah sebuah passion. Ini adalah platform untuk menyalurkan kecintaan kami terhadap voiceover, cerita horor dan video game.

Contact us: emailmalammalam@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kamar kosong

Kisah Anansi ‘Goatman’ [Part 4-end]