in ,

APA SIH BEDANYA CAPPUCINO, CAFE LATTE DAN FLAT WHITE?

Secara sekilas, Cappuccino, Cafe Latte dan Flat White memang terlihat serupa. Ketiga minuman tersebut terlihat serupa karena memiliki dua komposisi yang sama, yakni espresso dan susu.

Walaupun terlihat serupa, ketiganya ternyata bukanlah minuman yang sama lho! Salah satu perbedaan mendasar dari ketiga minuman itu adalah cara penyajiannya. Selain itu, kemampuan barista dalam menyiapkan minuman juga menjadi faktor kunci!

Nah, jadi apa sih bedanya Cappucino, Cafe Latte dan Flat White? Malammalam sudah merangkum perbedaannya di bawah. Cekidot!

  • Cappucino
BEDANYA CAPPUCINO dan CAFE LATTE

Cappucino berasal dari Italia. Cappucino merupakan salah satu varian kopi paling populer di dunia lho! Satu ciri khas Cappucino adalah adanya lapisan milk froth yang cukup tebal di permukaan cangkir. Secara tradisional, Cappucino memang terdiri dari ⅓ espresso, ⅓ susu dan ⅓ milk froth.  

Nah, komposisi ketiga hal tersebut membuat Cappucino memiliki rasa yang cukup khas. Kita bisa merasakan foam yang cukup tegas di tegukan pertama. Setelah itu, kita akan merasakan rasa susu dan kopi yang cukup kental. Selain itu, Cappucino juga tidak disajikan dengan art.

  • Cafe Latte

Sama seperti Cappucino, Cafe Latte juga berasal dari Italia. Secara harfiah, Cafe Latte berarti kopi susu. Nah, dari namanya kita sudah bisa membayangkan kan bagaimana Cafe Latte disajikan?

Tidak seperti Cappucino, Cafe Latte memiliki rasa susu yang lebih dominan ketimbang kopi. Rasa tersebut didapat dari proses steaming susu dengan temperatur tertentu agar bisa mencapai ketebalan dan tidak menghasilkan foam yang tak terlalu tebal. Salah satu hal yang menjadi ciri khas Cafe Latte adalah kehadiran berbagai gambar yang biasanya dibuat barista menggunakan milk froth.

  • Flat White

Tidak seperti dua minuman sebelumnya, Flat White berasal dari Australia. Secara visual, Flat White memang memiliki tampilan yang sangat mirip dengan Cafe Latte. Tapi, salah satu hal yang menjadi pembeda adalah jumlah takaran susu yang digunakan.

Beberapa barista memilih untuk menggunakan susu yang lebih sedikit ketika menyajikan Flat White. Hal tersebut membuat Flat White tidak memiliki rasa susu yang terlalu dominan. Selain itu, Flat White juga biasanya disajikan tanpa foam susu di permukaan cangkir.

Itulah perbedaan dasar antara Cappucino, Cafe Latte dan Flat White, guys! Semoga setelah membaca artikel ini kalian nggak bingung lagi ya kalau mampir ke coffee shop!

Sumber

Report

What do you think?

11 Points
Upvote Downvote

Written by MalamMalam

MalamMalam adalah sebuah passion. Ini adalah platform untuk menyalurkan kecintaan kami terhadap voiceover, cerita horor dan video game.

Contact us: emailmalammalam@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jeff the Killer BAGIAN II – Randy, Keith dan Troy

Pertunjukan Wayang Kulit di Hutan Karetan.