in ,

How Not To Drown, Lagu yang “Menyelamatkan” CHVRCHES

Pada Juni 2021 lalu, CHVRCHES resmi merilis lagu barunya yang berjudul How Not To Drown. Lagu ini merupakan hasil kolaborasi antara CHVRCHES dengan vokalis The Cure, Robert Smith.

How Not To Drown merupakan salah satu single andalan CHVRCHES dalam album keempatnya yang berjudul Screen Violence. Album tersebut dirilis dua bulan setelah How Not To Drown.

Cerita Lagu How Not To Drown

Sekilas, How Not To Drown memang terdengar seperti lagu garapan The Cure. Hal ini tentu tak lepas dari kentalnya pengaruh Gothic Cure ala The Cure serta kehadiran Smith.

Secara lirik dan aransemen, How Not To Drown memang memiliki tema yang lebih kelam dibanding lagu-lagu CHVRCHES sebelumnya. Vokalis CHVRCHES, Lauren Mayberry, mengatakan bahwa How Not To Drown merupakan lagu yang menyelamatkan band tersebut.

“Lirik di lagu ini menceritakan momen ketika aku hanya ingin menghilang serta satu-satunya momen aku ingin meninggalkan CHVRCHES. Ketika itu, aku tidak sedang berada dalam kondisi mental terbaik dan tak tahu bagaimana caranya pulih,” tulis Mayberry di laman Twitter pribadinya.

YouTube player

“Pada akhirnya, aku berhasil bangkit. Jika kalian merasakan hal yang sama, aku berharap kalian bisa segera bangkit. Lagu ini merupakan bagian ketika kalian mulai bisa bangkit dari keterpurukan,” katanya menambahkan.

Hal senada juga diungkapkan keyboardis CHVRCHES, Martin Doherty. Ia mengatakan bahwa aransemen How Not To Drown diciptakan ketika ia depresinya sedang kambuh.

“Saya tidak ingat di mana saya berada, tapi aku masih ingat keadaanku waktu itu. Aku merasa depresi, gelisah dan terisolasi, seperti biasanya. Aku hanya ingin menjalani hari dan bermain di atas panggung tanpa gangguan berarti,” tulis Doherty di laman Twitter pribadinya.

“Di hari itu, aku menciptakan sebuah demo. Kini, demo itu dikenal dengan nama How Not To Drown. Lagu itu merupakan kolaborasi CHVRCHES dengan idolaku, Robert Smith.” 

How Not To Drown bukanlah satu-satunya single yang menjadi andalan CHVRCHES di album keempatnya. Mereka juga merilis He Said She Said pada 19 April 2021.

Screen Violence mendapat tanggapan yang cukup baik dari media-media musik kenamaan serta para penggemar CHVRCHES. Bahkan, NME mengatakan bahwa Screen Violence merupakan album terbaik CHVRCHES.

Saat ini, CHVRCHES sedang mempersiapkan diri untuk menjalani tur dan mempromosikan Screen Violence. Mereka akan memulai turnya di Houston, Amerika Serikat, pada 9 November mendatang. Tur ini akan usai di Southside Festival yang bakal dihelat di Neuhausen ob Eck, Jerman, pada 18 Juni 2022.

Sumber

Report

What do you think?

10 Points
Upvote Downvote

Written by MalamMalam

MalamMalam adalah sebuah passion. Ini adalah platform untuk menyalurkan kecintaan kami terhadap voiceover, cerita horor dan video game.

Contact us: emailmalammalam@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jeff The Killer – Chapter VII – Lahirnya si Pembunuh

Jeff The Killer – Chapter VIII – Tidurlah