in ,

Yuk Kenalan dengan Macam-macam Alternatif Pengganti Minyak Sawit untuk Memasak!

Macam-Macam Alternatif Minyak Kelapa Sawit Untuk Memasak
Macam-Macam Alternatif Minyak Kelapa Sawit Untuk Memasak

Minyak sawit merupakan salah satu ekspor terbesar Indonesia. Tak cuma itu, minyak sawit juga menjadi salah satu bahan makanan paling populer di Indonesia. Popularitas minyak sawit tentu tidak bisa dipisahkan dari harganya yang relatif murah.

Namun, minyak sawit memiliki rahasia yang cukup kelam. Pasalnya, perkebunan sawit dianggap sebagai salah satu faktor utama kerusakan hutan di Indonesia, khususnya di Kalimantan dan Papua.

Hal tersebut membuat minyak sawit kini dianggap sebagai musuh banyak orang. Bahkan, tak sedikit orang yang sudah tak lagi menggunakan minyak sawit sebagai bahan masakan. Buat kamu yang masih bingung mencari alternatif pengganti minyak sawit, jangan sedih! Malammalam sudah merangkum lima pilihan alternatif pengganti minyak sawit. Cekidot!

  1. Butter

Butter bukanlah bahan makanan populer di Indonesia. Harganya yang cukup tinggi menjadi salah satu alasan banyak orang masih ragu menggunakan butter ketika memasak. Nah, margarin kerap digunakan sebagai alternatif butter.

Berbeda dengan margarin yang dibuat dengan minyak sayur, butter merupakan salah satu hasil kreasi susu sapi dengan kandungan lemak tinggi. Hal itu membuat butter memiliki rasa yang cukup gurih dan creamy

Sayangnya, butter tidak bisa kamu gunakan untuk menggoreng makanan. Tapi, butter bisa menjadi alternatif pengganti minyak sawit untuk menumis makanan. Tapi ingat, jangan terlalu banyak menggunakan butter kalau nggak mau kantong kamu jebol, hihihi.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa diolah menggunakan bahan kimia tambahan atau diproses tanpa suhu tinggi. Hal tersebut bertujuan agar kandungan alami, seperti senyawa phenolic, tidak hilang atau rusak. Senyawa phenolic berperan sebagai antioksidan.

Minyak kelapa cocok banget buat kamu yang sedang diet dan ingin menurunkan berat badan. Karena, minyak kelapa murni memiliki kandungan yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak lebih efektif!

Minyak kelapa juga bisa kamu gunakan untuk menggoreng makanan. Tapi, kalau ingin mendapat manfaat maksimalnya, lebih baik kamu gunakan minyak kelapa sebagai dressing salad. Dijamin nikmat dan sehat!

  1. Minyak Zaitun

Buat kamu yang suka makanan khas Italia, pastinya sudah nggak asing lagi sama yang namanya minyak zaitun. Minyak zaitun, alias olive oil, dibuat dengan cara mengekstrak buah zaitun yang sudah matang di pohon.

Minyak zaitun memiliki asam lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan tinggi, lho. Kedua kandungan tersebut membuat minyak zaitun bisa dikonsumsi dengan jumlah banyak dan tidak meningkatkan kadar kolesterol jahat di tubuh kamu.

Tapi, minyak zaitun tidak bisa kamu gunakan untuk menggoreng. Karena, minyak zaitun memiliki titik asap yang lebih rendah ketimbang minyak sawit. Agar mendapat nutrisi dengan maksimal, lebih baik kamu gunakan minyak zaitun untuk menumis, memanggang atau dressing salad.

  1. Minyak Biji Bunga Matahari

Sesuai dengan namanya, biji bunga matahari dibuat dari ekstrak biji bunga matahari. Minyak ini merupakan salah satu bahan memasak paling populer di negara-negara Eropa Timur. 

Minyak biji bunga matahari memiliki kandungan asam lemak serta vitamen E yang cukup besar. Berbagai nutrisi tersebut bertindak sebagai antioksidan dan bisa memberikan manfaat yang sangat besar untuk tubuh kamu, lho!

Seperti minyak zaitun, biji bunga matahari biasanya dijual dengan harga yang cukup tinggi. Tapi, apa salahnya jika kamu sekali-sekali mencoba memasak dengan minyak biji bunga matahari? Siapa tahu nanti jadi ketag

  1. Minyak Kanola

Minyak kanola diperoleh dari hasil ekstraksi biji kanola. Minyak ini memiliki kandungan omega 3 yang lemak jenuh yang sangat baik untuk tubuh kamu, lho!

Nah, minyak kanola mungkin bisa menjadi alternatif terbaik untuk menggantikan minyak sawit. Minyak kanola memiliki titip asap yang cukup tinggi dan cocok digunakan untuk menggorang makanan.

Sumber 1 2

Report

What do you think?

10 Points
Upvote Downvote

Written by MalamMalam

MalamMalam adalah sebuah passion. Ini adalah platform untuk menyalurkan kecintaan kami terhadap voiceover, cerita horor dan video game.

Contact us: emailmalammalam@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jeff The Killer – Chapter VIII – Tidurlah

Brownies Rumahan Kesukaan Keluarga ala @kyami_brownies