in ,

Louis Le Prince, Bapak Sinema yang Menghilang Misterius di Kereta

Banyak orang mengira Thomas Edison sebagai sosok yang paling bertanggung jawab terhadap lahirnya dunia film dan televisi. Edison mengklaim dirinya sebagai pencipta kamera yang bisa menangkap gambar bergerak (motion-picture camera).

Akan tetapi, belakangan klaim Edison mulai diragukan banyak pihak. Kini, gelar pencipta motion-picture camera jatuh ke tangan penemu asal Prancis, Louis Le Prince. 

Namun, Le Prince tidak hanya dikenal sebagai orang pertama yang menciptakan motion-picture camera. Ia menjadi sosok yang cukup terkenal karena menghilang misterius di Dijon pada September 1890.

Awal Le Prince Terjun Ke Dunia Sinema

Misteri Louis Le Prince

Le Prince lahir di Metz, Prancis pada 28 Agustus 1841. Ketika masih aktif bersekolah, Le Prince sangat menggemari bidang seni, kimia serta fisika. Setelah menyelesaikan pendidikannya, Le Prince hijrah ke Leeds, Inggris pada 1866.

Di Leeds, Le Prince menemukan cintanya. Ia menikahi seorang seniman bernama Elizabeth Whitley pada 1869. Dua belas tahun setelahnya, Le Prince mengajak istri serta anak-anaknya untuk pindah ke New York, Amerika Serikat.

Di New York, Le Prince bekerja sebagai seorang agen bagi sejumlah pelukis. Ia pun sudah terbiasa menangani lukisan yang mengambil tema pemandangan alam. Di momen ini, Le Prince mendapat wahyu untuk menciptakan sebuah kamera yang bisa menangkap gambar bergerak.

Pada 1885, Le Prince berhasil menciptakan kamera dengan 16 lensa yang bisa menangkap gambar bergerak. Setahun setelahnya, Le Prince mulai berhasil menangkap gambar bergerak dan ia pun kerap melakukan berbagai eksperimen di kediamannya.

Pada 1886, Le Prince mulai mematenkan kamera 16 lensa ciptaannya. Dalam dokumen resminya, Le Prince juga tidak menutup kemungkinan untuk menciptakan motion-picture camera dengan lensa tunggal di masa depan.

Setelah resmi mendapatkan paten, Le Prince memutuskan untuk kembali tinggal di Leeds. Sejumlah pihak meyakini Le Prince kembali ke Leeds agar bisa bekerja dengan tenang tanpa harus takut ciptaannya dicuri orang lain. Pada 1888, Le Prince akhirnya berhasil menciptakan motion-picture camera dengan lensa tunggal. 

Kamera ciptaan Le Prince berhasil menciptakan film pertama di dunia. Film tersebut direkam pada 14 Oktober 1888. FIlm pertama tersebut kini dikenal dengan nama Roundhay Garden Scene.

Le Prince Menghilang di Prancis

Setelah merekam film pertamanya, Le Prince sudah siap memamerkan motion-picture camera ciptaannya. Ia pun berencana menggelar sebuah pameran di New York. Akan tetapi, Le Prince memutuskan untuk mengunjungi keluarganya di Dijon, Prancis, sebelum berangkat ke New York.

Le Prince berangkat ke Dijon dari Paris pada 13 September 1890. Tiga hari setelahnya, Le Prince memutuskan untuk kembali ke Paris untuk menyelesaikan persiapannya berangkat ke New York.

Arthur, saudara laki-laki Louis, merupakan orang terakhir yang melihat Le Prince. Louis berpamitan dengan saudara laki-lakinya di Stadion Dijon. Setelah berpamitan, Louis langsung memasuki gerbong kereta.

Akan tetapi, Le Prince tidak bisa ditemukan ketika kereta yang ia tumpangi tiba di Paris. Tak cuma itu, barang-barang Le Prince juga tidak bisa ditemui di kereta tersebut. Hal ini menjadi pertanyaan tersendiri karena kereta yang ditumpangi Le Prince sama sekali tidak berhenti di perjalanan dari Dijon ke Paris.

Para penumpang kereta tersebut juga tidak menyadari adanya keanehan sepanjang perjalanan. Sontak, pihak kepolisian Paris yang bekerja sama dengan aparat dari London dan keluarga Le Prince langsung melakukan investigasi besar-besaran.

Namun, upaya ketiga pihak tersebut tidak membuahkan hasil. Pasalnya, baik mayat maupun barang-barang Le Prince tidak ditemui. Hingga kini, tidak ada yang mengetahui apa yang terjadi dengan Le Prince setelah ia berpamitan dengan saudara laki-lakinya di Stasiun Dijon.

Apa yang Terjadi dengan Louis Le Prince?

Tidak adanya jawaban pasti mengenai nasib Le Prince membuat banyak opini-opini liar bertebaran. Bahkan, tak sedikit pula pihak-pihak yang menyusun teori di balik menghilangnya Le Prince. Akan tetapi, berbagai teori tersebut hingga kini masih belum bisa dibuktikan dengan pasti. 

Berikut, malammalam.com sudah merangkum sejumlah teori di balik menghilangnya Louis Le Prince:

  • Bunuh Diri

Bunuh diri menjadi teori pertama yang berusaha menjelaskan penyebab menghilangnya Le Prince. Teori ini dikemukakan oleh anggota keluarga Le Prince yang juga diamini oleh sejarawan film, Georges Potonnie.

Teori ini mengatakan Le Prince memilih bunuh diri karena terlibat permasalahan finansial. Ia terlibat utang besar dalam proses penciptaan motion-picture camera 16 lensanya. 

Akan tetapi, teori ini tidak memiliki dasar yang cukup kuat. Karena, usaha Le Prince di New York ternyata memiliki untung yang cukup besar. Tak cuma itu, Le Prince juga tidak memiliki motif lain karena sudah tidak sabar ingin memamerkan motion-picture ciptaannya di New York.

  • Dibunuh Saudara Laki-lakinya

Arthur merupakan orang terakhir yang melihat Le Prince. Arthur mengaku berpamitan dengan saudaranya di Stasiun Dijon. Ia juga bersumpah melihat Le Prince menaiki kereta dengan tujuan Paris.

Namun, sejumlah pihak meragukan kesaksian Arthur. Beberapa orang mengatakan Arthur membunuh Le Prince di perjalanan menuju Stasiun Dijon. Namun, teori ini tidak menjelaskan alasan jelas Arthur membunuh saudaranya.

  • Dibunuh Orang Suruhan Thomas Edison

Le Prince bukanlah satu-satunya orang yang berusaha mematenkan motion-picture camera di Amerika Serikat pada 1890. Thomas Edison juga ingin melakukan hal serupa setelah melakukan berbagai eksperimen semenjak 1888.

Akan tetapi, Edison dibuat kelimpungan karena Le Prince sudah menyelesaikan motion-picture camera pertama di dunia. Sementara, Edison masih harus berkutat keras untuk menyelesaikan penemuannya.

Hal tersebut membuat sejumlah pihak yakin Edinson mengirim pembunuh bayaran untuk menghabisi nyawa Le Prince di Prancis. Lagi-lagi, teori ini tidak bisa dibuktikan kebenarannya karena tidak memiliki bukti-bukti yang mencukupi.

  • Tenggelam

Pada 2003, kepolisian Paris menemukan sebuah foto mengejutkan. Foto tersebut diambil pada pertengahan 1890. Foto tersebut memperlihatkan seseorang dengan perawakan mirip Le Prince tenggelam di Sungai Reine.

Namun, foto ini juga tidak bisa menjawab tragedi menghilangnya Le Prince. Pasalnya, foto tersebut hanya memperlihatkan bagian belakang sang korban tenggelam, bukan wajah maupun bagian tubuh lainnya.

Author : Kenza

Report

What do you think?

15 Points
Upvote Downvote

Written by MalamMalam

MalamMalam adalah sebuah passion. Ini adalah platform untuk menyalurkan kecintaan kami terhadap voiceover, cerita horor dan video game.

Contact us: emailmalammalam@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Perjuangan Cinta dan Usaha dalam Kisah Perjalanan @n1coffee.bgr

Tragedi Kesurupan Masal Latihan Dasar Kepemimpinan Part 1