in

Atuk, Naskah Film Komedi Terkutuk

Kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai kutukan di Hollywood. Mulai dari kutukan Superman, Playboy, Poltergeist hingga mobil yang menewaskan aktor muda, James Dean.

Nah, Atuk menjadi salah satu kutukan paling terkenal dan menakutkan di Hollywood. Tidak seperti kutukan-kutukan lainnya, Atuk merupakan naskah film garapan Norman Jewison. Produser asal Kanada tersebut tertarik membuat film Atuk setelah membaca novel berjudul The Incomparable Atuk yang diterbitkan pada 1963.

Novel tersebut menceritakan mengenai Atuk, seorang penyair keturunan suku Inuit asal Pulau Baffin, Kanada, yang pindah ke Toronto. Setelah pindah ke Toronto, Atuk mulai menjadi sosok yang tidak disenangi karena memiliki sifat serakah dan egois.

Jewison mulai menggarap naskah film Atuk pada  pertengahan 1970-an dan memakan waktu beberapa tahun. Setelah penggarapan naskah selesai, Jewison mulai mencari aktor yang bersedia tampil di film tersebut.

Akan tetapi, Jewison harus menelan pil pahit. Pasalnya, setiap aktor yang ia dekati untuk menjadi bintang film Atuk wafat di usia muda. Berikut, Malammalam sudah merangkum sejumlah aktor korban kutukan Atuk:

  1. John Belushi

John Belushi merupakan salah satu aktor paling terkenal di dekade 1970-an. Namanya mencuat setelah ia menjadi pemeran acara komedi sketsa, Saturday Night Live. Selain itu, Belushi juga sempat membintangi film komedi-musikal berjudul The Blues Brothers pada 1980.

Pada 1982, Jewison menawarkan Belushi peran utama dalam film Atuk. Belushi pun memberi tanggapan positif dan langsung meminta naskah film. Belushi meminta naskah film tersebut agar bisa mempelajari perannya dengan rinci.

Namun, niat Belushi memerankan Atuk gagal terlaksana. Pasalnya, ia ditemukan tewas di Hotel Chateau Marmont, Hollywood. Belushi tewas setelah overdosis narkoba dan wanita bernama Catherine Evelyn Smith dinyatakan bersalah atas meninggalnya Belushi. Ketika tewas, Belushi baru berusia 33 tahun.

  1. Sam Kinison

Meninggalnya Belushi tidak membuat Jewison putus asa. Ia terus mencari aktor dan akhirnya menunjuk komedian, Sam Kinison sebagai pemeran utama. Kinison pun menerima tawaran tersebut dan proses syuting dimulai pada 1988.

Akan tetapi, proses syuting hanya bertahan selama delapan hari. Kinison tidak merasa puas dengan naskah garapan Jewison. Ia pun ingin mengubah naskah tersebut karena merasa memiliki kontrol kreatif atas film Atuk.

Jewison tentu tidak terima dan langsung membawa masalah ini ke pengadilan. Setelah bersengketa selama empat tahun, proses syuting film Atuk akhirnya bisa kembali dilanjutkan. Namun, Kinison meninggal dunia sebelum kembali ikut syuting.

Kinison meninggal dunia karena mengalami luka dalam setelah terlibat kecelakaan. Kinison pun langsung menghembuskan napas di TKP dan sempat berhalusinasi beberapa saat sebelum tutup usia. Kinison meninggal dunia di usia 38 tahun.

  1. John Candy dan Michael O’Donoghue

Dua tahun setelah meninggalnya Kinison, Jewison menemukan aktor lain untuk memerankan Atuk. Ia menjatuhkan pilihan kepada John Candy. Ia disebut sangat senang dengan naskah film Atuk dan bahkan meminta kawan dekatnya, Michael O’Donoghue untuk ikut serta.

Akan tetapi, Candy gagal menjalankan keinginannya. Pasalnya, ia ditemukan tewas di Meksiko pada 4 Maret 1994 setelah mengalami serangan jantung. Candy berpulang di usia 43 tahun.

Beberapa bulan setelah meninggalnya Candy, giliran O’Donoghue yang ditemukan tewas. O’Donoghue meninggal dunia di usia 54 tahun karena mengalami pendarahan otak akibat migrain.

  1. Chris Farley dan Phil Hartman

Meski sudah beberapa kali kehilangan calon aktor utama, Jewison tetap tidak patah arang. Pada 1997, ia pun menawarkan peran utama film Atuk kepada Chris Farley. Farley pun dengan senang hati menerima tawaran Jewison.

Farley merupakan salah satu penggemar besar Belushi. Oleh karena itu, ia dengan senang hati menerima tawaran Jewison karena tahu Belushi sempat ditawari peran yang sama 15 tahun sebelumnya. Farley pun turut mengajak rekannya, Phil Hartman, untuk ikut berperan dalam film Atuk.

Lagi-lagi, Jewison kehilangan pemeran utamanya. Farley tutup usia pada usia 33 tahun pada 18 Desember 1997. Sama seperti Belushi, Farley juga tutup usia karena overdosis narkoba.

Lima bulan setelah tragedi meninggalnya Farley, giliran Hartman yang tutup usia. Aktor kelahiran Kanada itu meninggal dunia di usia 48 tahun. Hartman tutup usia karena dibunuh istrinya, Brynn. Tak lama setelah menghabisi nyawa suaminya, Brynn mengakhiri hidupnya sendiri.

Setelah meninggalnya Farley dan Hartman, Jewison belum menawarkan peran utama film Atuk kepada aktor lainnya. Sejumlah pihak menyebut Jewison trauma karena aktor-aktor yang didekatinya kerap meninggal dunia di usia muda. Naskah film Atuk bisa kalian lihat di laman ini

Report

What do you think?

10 Points
Upvote Downvote

Written by MalamMalam

MalamMalam adalah sebuah passion. Ini adalah platform untuk menyalurkan kecintaan kami terhadap voiceover, cerita horor dan video game.

Contact us: emailmalammalam@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Game Horor di Android yang Creepy, Berani Coba Main Gak Nih?

5 Tradisi Unik Natal di Berbagai Penjuru Dunia