in ,

3 Pasar Gaib Terkenal di Indonesia

Pasar Gaib biasanya terletak di kawasan gunung - Unsplash
Pasar Gaib biasanya terletak di kawasan gunung - Unsplash

Pasar identik dengan lokasi strategis dan ramai terjadi transaksi jual beli. Biasanya, pasar menjadi cukup ramai apabila lokasinya berdekatan dengan pemukiman padat penduduk.

Namun apa jadinya jika ada lokasi pasar yang jauh dari pemukiman dan dikenal menakutkan bahkan jadi cerita menyeramkan? Di Indonesia, pasar seperti itu biasanya disebut dengan istilah pasar gaib.

Tidak seperti pasar-pasar pada umumnya, pasar gaib biasanya dipehuni oleh banyak makhluk tidak kasat mata. Nah, ada cukup banyak pasar gaib yang melegenda di Indonesia. Berikut, rangkuman tiga pasar gaib paling terkenal di Indonesia versi malammalam.com:

  1. Pasar Dieng Gunung Lawu
Gunung Lawu terletak di perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Timur - Akasaka Outdoor
Gunung Lawu terletak di perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Timur (Akasaka Outdoor)

Setiap gunung punya cerita, salah satunya adalah Gunung Lawu yang terletak di perbatasan antara Karanganyar, Jawa Tengah dengan Magetan, Jawa Timur. Di sini terdapat warung tertinggi di Indonesia yang terletak di ketinggian 3.105 MDPL.

Warung ini didirikan oleh seorang wanita tangguh bernama Mbok Yem, yang juga menjadi primadona bagi para pendaki Gunung Lawu. Namun siapa sangka, ternyata Gunung Lawu memiliki pasar gaib.

Pasar gaib ini terletak pada pos 5 pendakian melalui Candi Cetho. Masyarakat setempat percaya jika ada yang melewati pasar gaib tersebut dan mendengar suara pedagang bertanya “Mau beli apa?” maka pendaki harus berani memberikan jawaban. 

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, pendaki wajib menjawab seolah ingin membeli barang. Misalnya membeli tanah, batu, daun ataupun barang lain yang ada di sekitarnya. Setelahnya, lemparkan uang ke arah suara yang terdengar. Konon jika pendaki yang tidak memberi jawaban akan mendapat kesialan.

2. Pasar Setan Gunung Arjuno

Gunung Arjuno memiliki pasar gaib di jalur sabana yang luar - tahuraradensoerjo.or. id
Gunung Arjuno memiliki pasar gaib di jalur sabana yang luar (tahuraradensoerjo.or.id)

Gunung Arjuno adalah gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur dan terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan. Gunung ini dikelola oleh manajemen Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Jika mendaki di Gunung Arjuno, para pendaki akan disuguhi pemandanga indah. Namun di balik keindahan pemandangan Jawa Timur, Gunung Arjuno juga menyimpan kisah pasar gaib yang sangat menyeramkan.

Pasar gaib ini berada di jalur sabana yang luas di Gunung Arjuno. Pasar gaib ini akan muncul di malam hari dan hilang pada ketika matahari mulai terbit.

Banyak pendaki yang mendengar keramaian seperti pasar pada umumnya. Salah satu cerita yang terkenal adalah ketika salah seorang pendaki membeli jaket di pasar tersebut. Ketika bangun tidur keesokan paginya, jaket yang ia beli masih ada. Namun uang kembalian jaket sudah berubah menjadi daun.

3. Pasar Bubrah Gunung Merapi

Pasar Bubrah merupakan salah satu legenda terkenal di Gunung Merapi - indonesia.go. id
Pasar Bubrah merupakan salah satu legenda terkenal di Gunung Merapi (indonesia.go.id)

Gunung Merapi adalah gunung berapi paling aktif di Jawa. Gunung ini cukup sering meletus dan mengeluarkan abu vulkanik di Yogyakarta dan sekitarnya.

Di sini juga dibilang terdapat pasar gaib yang dikenal sebagai Pasar Bubrah. Pasar ini terletak tepat di bawah puncak Gunung Merapi dengan kontur tana lapang dan dipenuhi batu-batu sisa letusan. 

Pasar Bubrah dikenal sebagai pasar yang besar di daerah Keraton Merapi. Bisa dibilang banyak warung-warung serta penjual yang merupakan makhluk halus penunggu Gunung Merapi. Mirip seperti pasar pada umumnya, tak jarang pendaki mendengar hiruk pikuk keramaian yang disertai dengan suara gamelan.

Nah kalau pendaki sudah mendengar seperti ini, biasanya para pendaki melemparkan sebuah koin ke tanah. Setelahnya, para pendaki dianjurkan memungut batu kerikil yang ada di sekitarnya.

Sumber

Report

What do you think?

11 Points
Upvote Downvote

Written by MalamMalam

MalamMalam adalah sebuah passion. Ini adalah platform untuk menyalurkan kecintaan kami terhadap voiceover, cerita horor dan video game.

Contact us: emailmalammalam@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Resident Evil Village menjadi pemenang Game of the Year Steam Award 2021 - residentevil. com

Resident Evil: Village Sabet Game of The Year versi Steam Award 2021

Espresso merupakan salah satu minuman favorit orang Italia - Pixabay 2

Berkenalan dengan Espresso, Sari Pati Kopi Khas Italia