in ,

Berkenalan dengan Espresso, Sari Pati Kopi Khas Italia

Espresso merupakan salah satu minuman favorit orang Italia - Pixabay 2
Espresso merupakan salah satu minuman favorit orang Italia (Pixabay)

Siapa sih yang nggak kenal espresso? Disuguhkan dengan gelas kecil dan rasanya yang pahit, espresso menjadi salah satu minuman favorit orang-orang Italia di pagi hari.

Tapi, espresso bukanlah minuman populer di Indonesia. Kebiasaan warga Indonesia minum kopi dengan gelas ukuran sedang dan ditambahi gula menjadi salah satu penyebab espresso jarang dilirik.

Espresso mungkin bukanlah minuman yang sering dipesan di kedai-kedai kopi modern. Tapi, ternyata minuman berbahan dasar espresso seperti cafe latte, cappuccino, americano, hingga es kopi susu menjadi kegemaran banyak orang lho!

Berikut ini, sejumlah fakta menarik mengenai espresso versi tim malammalam.com yang dirangkum dari berbagai sumber. Cekidot!

  • Diciptakan di Awal Abad ke-20
Espresso diciptakan Luizi Bezzerra pada 1903
Espresso diciptakan Luizi Bezzerra pada 1903 (Pixabay)

Espresso diciptakan oleh pebisnis asal Venezia, Luigi Bezzerra. Ketika itu, Bezzerra ingin mencari cara menyeduh kopi kuat dengan waktu singkat. 

Pada 1903, Bezzerra merasa frustasi karena menyeduh secangkir kopi  membutuhkan waktu beberapa menit. Ia pun langsung melakukan sejumlah eksperimen dengan tujuan meminimalisir waktu seduh kopi.

Bezzerra pun menemukan cara menyeduh kopi dengan menggunakan tekanan uap yang tidak memakan waktu lama. Kini, kopi seduhan Bezzerra dikenal dengan nama espresso.

  • Espresso Awalnya Bukanlah Nama Minuman Kreasi Bezzerra
Espresso awalnya dikenal sebagai nama mesin pembuat kopi -Unsplash
Espresso awalnya dikenal sebagai nama mesin pembuat kopi (Unsplash)

Setelah menemukan metode menyeduh kopi dengan waktu singkat, Bezzerra langsung menciptakan mesin espresso pertama di dunia. Bezzerra pun menjual hak cipta mesin kreasinya kepada pebisnis bernama Desidero Pavoni.

Keduanya kemudian menyempurnakan mesin kreasi Bezzerra dan memamerkannya di Milan pada 1906. Setelah dipamerkan mesin tersebut, Pavoni memilih berpisah dari Bezzerra dan terus berinovasi.

Mesin yang dijual Pavoni diberi nama espresso dan diklaim bisa menyeduh lebih dari 1000 gelas kopi dalam waktu kurang dari satu jam. Mesin tersebut langsung menjadi hits dan nama espresso pun kini dikenal sebagai minuman, bukan mesin.

  • Terlalu Kuat untuk Prajurit Amerika Serikat
Prajurit Amerika Serikat menambahkan air panas ke gelas espresso (Unsplash)

Popularitas espresso akhirnya sampai ke telinga para prajurit Amerika Serikat semasa Perang Dunia Kedua. Menurut mitos yang beredar, prajurit Amerika Serikat yang bertugas di Eropa tidak sanggup menghabiskan segelas espresso.

Akan tetapi, kecintaan prajurit Amerika Serikat terhadap kopi khas Italia tidak luntur dengan mudah. Para prajurit Amerika Serikat memutuskan untuk menambahkan segelas air hangat dan mulai bisa menikmati espresso.

Kini, minuman tersebut dikenal dengan nama Americano. Selain Americano, minuman tersebut juga dikenal dengan istilah Long Black di Australia.

  • Tidak Harus Dibuat dengan Mesin
Moka pot merupakan salah satu alat non-mesin yang bisa digunakan untuk menyajikan espresso – The Coffee Compass (The Coffee Compass)

Espresso kini dikenal sebagai salah satu jenis kopi yang tidak diciptakan dengan mudah. Biasanya, espresso diseduh dengan menggunakan mesin elektrik dengan harga selangit.

Akan tetapi, mesin bukanlah satu-satunya alat yang bisa digunakan untuk menyajikan espresso. Minuman pahit ini juga bisa diciptakan menggunakan alat-alat lain dan tidak harus mesin.

Moka pot dan rokpresso menjadi dua alat non-elektrik untuk menyajikan espresso. Tentu rasa espresso yang disajikan dengan kedua metode tersebut tidak memiliki rasa yang sama jika disajikan menggunakan mesin. Tapi, kedua alat itu menjadi pilihan alternatif buat kalian semua yang ingin menyajikan espresso di rumah tanpa harus mengeluarkan dana besar!

Nah, itu lah empat fakta menarik mengenai espresso! Gimana? Sudah tertarik ingin coba espresso? Jangan lupa siapkan segelas air putih supaya kalian nggak terlalu enek ketika mencicipi espresso.

SUMBER 1

SUMBER 2

Report

What do you think?

11 Points
Upvote Downvote

Written by MalamMalam

MalamMalam adalah sebuah passion. Ini adalah platform untuk menyalurkan kecintaan kami terhadap voiceover, cerita horor dan video game.

Contact us: emailmalammalam@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasar Gaib biasanya terletak di kawasan gunung - Unsplash

3 Pasar Gaib Terkenal di Indonesia

Kasus Setiabudi 13 tidak terpecahkan hingga saat ini - unsplash

Misteri 13 Potongan Tubuh di Jakarta Selatan