in ,

Cerita Mistis Benteng Vredeburg Yogyakarta

Benteng Vredeburg merupakan salah satu destinasi wisata di Yogyakarta - Misteraladdin
Benteng Vredeburg merupakan salah satu destinasi wisata di Yogyakarta (Misteraladdin)

Benteng Vredeburg terletak di jantung kota Yogyakarta, tepatnya ada di Jl. Jenderal A. Yani No.6, tidak jauh dari Keraton Kasultanan Yogyakarta. Benteng ini sangat mudah ditemukan karena letaknya yang strategis dan juga berada di kawasan titik nol kilometer Yogyakarta. Bisa dibilang, benteng ini menjadi favorit wisatawan ketika berkunjung ke Kota Pelajar.

Sebagai bangunan bersejarah yang sudah berumur ratusan tahun, Benteng Vredeburg awalnya bernama Rustenburg, dan merupakan markas militer tentara Hindia Belanda. Selain itu, bentang ini digunakan juga sebagai tempat pertahanan pasukan Belanda dalam menghadapi serangan dan pemberontakan pribumi di wilayah Yogyakarta.

Benteng Vredeburg awalnya digunakan sebagai pusat komando pasukan Belanda (genPI Jogja)

Dikutip dari Hipwee, dengan mencoba membuka sejarah masa lalu, ada kejadian mengejutkan pada 1998 silam. Ketika itu, Pasar Beringharjo sedang direnovasi dan para pekerja dibuat kaget oleh suara jeritan melengking yang memekakkan telinga. Sontak, para pekerja langsung berlari tunggang langgang bak dikejar perampok.

Suara jeritan itu baru berhenti setelah beberapa pekerja menemukan kerangka yang dikubur di sebelah utara Benteng Vredeburg. Bisa jadi kerangka tersebut adalah tawanan dari sel di Benteng Vredebuerg. Kerangka tersebut kemudian dipindahkan ke pemakaman umum.

Ketika hari beranjak sore, tak jarang suasana di Benteng Vredeburg terasa mulai berbeda. Konon di benteng tua ini sering ditemui penampakan yang cukup mengerikan. Salah satunya adalah sesosok noni-noni Belanda yang berkaki kuda.

Dikutip dari HarianJogja , kejadian ini pernah dialami oleh seorang tukang becak saat tengah malam. Ia sedang mengayuh sepedanya dengan perlahan, dan kemudian melihat sosok wanita cantik dengan gaun panjang dari arah gerbang benteng. Tukang becak menawarkan untuk naik becaknya karena sudah larut malam.

Namun si tukang becak ini dibuat kaget setengah mati melihat sang perempuan itu memiliki kaku kuda yang tersembunyi di balik gaunnya. Tak ayal, kejadian ini membuat tukang becak ketakutan dan penampakan noni-noni Belanda ini menjadi cerita tersendiri terkait Benteng Vredeburg.

Penampakan Noni Belanda menjadi salah satu cerita mistis paling terkenal di Benteng Vredeburg - @potolawas
Penampakan Noni Belanda menjadi salah satu cerita mistis paling terkenal di Benteng Vredeburg (instagram.com/potolawas)

Terkadang juga muncul pasukan tanpa kepala yang berseragam tentara militer era Belanda. Kejadian ini pernah dialami oleh seorang penjaga stand Festival Kesenian Yogyakarta yang digelar beberapa tahun lalu. Ketika ia suara pasukan yang cukup riuh ketika tengah menjaga barang dagangannya.

Sebetulnya di setiap sudut benteng Vredeburg dihuni oleh pasukan tak kasat mata. Ada beberapa tempat di bagian depan, di toilet paling ujung, lorong-lorong di kawasan benteng dan tempat lainnya sangat terasa aura mistisnya. Ditambah lagi, ada wilayah bagian gedung belakang yang tidak diperuntukkan untuk pengunjung.

Bagaimana? Apakah kalian tertarik berkunjung ke Benteng Vredeburg? Atau malah kalian sudah punya pengalaman mistis di situs bersejarah ini?

Report

What do you think?

11 Points
Upvote Downvote

Written by MalamMalam

MalamMalam adalah sebuah passion. Ini adalah platform untuk menyalurkan kecintaan kami terhadap voiceover, cerita horor dan video game.

Contact us: emailmalammalam@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arwah gentayangan Peg Entwistle menghantui tanda Hollywood - Unsplash

Kisah Tragis Peg Entwistle yang Menghantui Tanda Hollywood

SS Ourang Medan terdampar di Selat Malaka dan kemudian tenggelam secara misterius - Unsplash

Misteri SS Ourang Medan di Selat Malaka