in ,

Misteri SS Ourang Medan di Selat Malaka

SS Ourang Medan terdampar di Selat Malaka dan kemudian tenggelam secara misterius - Unsplash
SS Ourang Medan terdampar di Selat Malaka dan kemudian tenggelam secara misterius (Unsplash)

Laut memang menyimpan cukup banyak misteri. Mulai dari kisah putri duyung, kerajaan bawah laut, hewan prasejarah yang masih hidup, hingga berbagai kisah mengenai kapal hantu.

SS Ourang Medan merupakan salah satu kisah kapal hantu paling terkenal dan misterius di dunia maritim. Konon, kapal tersebut karam dengan kondisi tragis di perairan Selat Malaka pada 1947 atau 1948.

Meski kejadian karamnya Ourang Medan terjadi tujuh dekade silam, hingga kini belum ada yang bisa membeberkan apa yang terjadi di atas kapal tersebut. Berbagai misteri yang menyelimuti membuat kisah ini hingga saat ini masih belum terpecahkan.

SS Ourang Medan Terdampar di Selat Malaka
SS Ourang Medan sempat mengirim pesan darurat sebelum tenggelam (Unsplash)

Kisah Ourang Medan pertama kali diberitakan oleh surat kabar Belanda-Indonesia dalam tiga artikel terpisah pada Februari 1948. Tidak lama setelah dimuat oleh surat kabar tersebut, kisah tenggelamnya Ourang Medan mulai menjadi topik perbincangan hangat para pegiat kehidupan maritim di berbagai belahan dunia.

Awalnya, Ourang Medan mengirim sinyal pertolongan kepada siapa pun yang berada tak jauh dari lokasinya. Pesan radio tersebut mengatakan bahwa seluruh kru kapal, termasuk kapten, telah meninggal dunia dan kondisi kapal terombang-ambing di lautan.

Tidak lama setelahnya, Ourang Medan kembali mengirim pesan misterius. Pesan kedua mengatakan operator radio telah meninggal. Setelah pesan tersebut, tidak ada lagi sinyal dari kapal.

Sebuah kapal berbendera Amerika Serikat, SS Silver Star menangkap pesan tersebut dan kemudian langsung berangkat menuju lokasi. Setelah tiba di lokasi, Silver Star coba berkomunikasi dengan Ourang Medan menggunakan megafon, namun mereka tidak mendapat jawaban.

Hal tersebut membuat kru SS Silver Star langsung menaiki Ourang Medan untuk memeriksa kondisi kru dan kapal. Namun, mereka semua dibuat terkejut dengan kondisi dek dan kru Ourang Medan.

Seluruh kru, termasuk anjing di Ourang Medan meninggal dengan kondisi mengenaskan. Seluruh mayat yang tergeletak memiliki ekspresi seperti orang ketakutan dengan mata dan mulut terbuka lebar. Anjing di Ourang Medan juga ditemukan dengan kondisi serupa.

SS Silver Star pun langsung berusaha mengevakuasi Ourang Medan ke pelabuhan terdekat untuk penyelidikan lebih lanjut. Namun, misi tersebut batal terlaksana karena Ourang Medan tiba-tiba terbakar dan kemudian karam di Selat Malaka.

Apa yang Terjadi di SS Ourang Medan?
Tidak ada yang mengetahui apa yang sebenarnya tejadi di SS Ourang Medan - Unsplash
Tidak ada yang mengetahui apa yang sebenarnya tejadi di SS Ourang Medan (Unsplash)

Hingga saat ini, tidak ada yang mengetahui pasti apa yang terjadi di Ourang Medan. Tidak cuma itu, tidak sedikit pula orang yang meragukan keaslian kisah Ourang Medan dan menganggap karamnya kapal tersebut sebagai dongeng belaka.

Sikap skeptis sebagian orang itu bisa dimaklumi. Pasalnya, tidak ada nama SS Ourang Medan dalam register pengiriman kapal Lloyd. Register pengiriman kapal Llyod merupakan sumber terpercaya karena sudah mencatat berbagai pelayaran semenjak abad ke-18.

Meski diselimuti banyak keraguan, tetap ada banyak orang yang meyakini kebenaran kisah SS Ourang Medan. Bahkan, kasus ini sempat mencuri perhatian Badan Intelijen Amerika Serikat, CIA, melalui memo rahasia yang dirilis beberapa tahun lalu.

Sejumlah teori terkait karamnya Ourang Medan mulai bermunculan. Mulai dari kargo beracun yang membunuh seluruh kru, adanya campur tangan alien, hingga kapal dari dimensi lain yang tersasar di dunia manusia.

Hingga kini, tidak ada yang mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di atas Ourang Medan. Karamnya Ourang Medan pun semakin menambah tebal misteri tidak terpecahkan di atas lautan luas.

SUMBER

Report

What do you think?

12 Points
Upvote Downvote

Written by MalamMalam

MalamMalam adalah sebuah passion. Ini adalah platform untuk menyalurkan kecintaan kami terhadap voiceover, cerita horor dan video game.

Contact us: emailmalammalam@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Benteng Vredeburg merupakan salah satu destinasi wisata di Yogyakarta - Misteraladdin

Cerita Mistis Benteng Vredeburg Yogyakarta

Teror Monster dengan 21 Wajah membuat Glico Menelan Kerugian besar - historyofyesterday. com

Teror Monster dengan 21 Wajah yang Nyaris Menghancurkan Perusahaan Raksasa Jepang