in ,

Mandela Effect, Bukti Nyata Teori Multiverse?

Mandela Effect Ditengarai sebagai salah satu bukti teori multiverse - NBC Chicago
Mandela Effect Ditengarai sebagai salah satu bukti teori multiverse (NBC Chicago)

Multiverse merupakan salah satu teori masih menjadi perdebatan hangat di antara para ilmuwan, khususnya di bidang antariksa dan fisika. Teori multiverse mengatakan bahwa alam semesta memiliki banyak dimensi dan versi. Sehingga, alam semesta yang kita tempati bukanlah satu-satunya.

Dalam beberapa pekan terakhir, teori multiverse kembali mendapat sorotan. Kehadiran film terbaru dari Marvel Cinematic Universe (MCU), Dr Strange in the Multiverse of Madness, merupakan sebab utamanya.

Sebelum kehadiran film Dr Strange terbaru, teori multiverse kerap dikaitkan dengan sebuah fenomena bernama Mandela Effect. Lantas, apa itu Mandela Effect dan kaitannya dengan teori multiverse?

APA ITU MANDELA EFFECT?
Berenstain Bears merupakan salah satu Mandela Effect paling terkenal - Obsev
Berenstain Bears merupakan salah satu Mandela Effect paling terkenal (Obsev)

Mandela Effect merupakan istilah yang dipopulerkan oleh Fiona Broome, seorang peneliti fenomena paranormal pada 2009 lalu. Nama Mandela Effect diambil pengalaman Broome yang mengingat pahlawan Afrika Selatan, Nelson Mandela, meninggal di penjara pada dekade 1980-an.

Broome membagikan pengalaman tersebut melalui laman pribadinya. Setelah itu, ia menyadari bahwa ia bukanlah satu-satunya orang yang mengingat Mandela telah wafat dua dekade sebelumnya.

Kenyataannya, Mandela dilepaskan dari penjara pada 11 Februari 1990. Empat tahun setelahnya, Mandela menjadi Presiden kulit hitam pertama dalam sejarah Afrika Selatan. Mandela baru berpulang pada Desember 2013 di usia 95 tahun.

Insiden meninggalkan Mandela bukanlah satu-satunya bukti Mandela Effect. Sejumlah warganet di Reddit dan forum-forum lainnya juga membeberkan beberapa bukti Mandela Effect.

Salah satunya adalah buku anak-anak yang berjudul Berenstain Bears’, beberapa orang mengingat buku tersebut dengan judul Berenstein Bears’. Selain itu, ada juga beberapa orang yang mengingat sebuah selai kacang dengan merk Jiffy, padahal selai kacang itu bernama asli Jiff.

KETERKAITAN MANDELA FEECT DENGAN TEORI MULTIVERSE

Buat sebagian orang, Mandela Effect merupakan bukti nyata teori multiverse. Mereka menganggap realita di satu alam semesta telah berinteraksi dengan alam semesta yang kita tempati.

Beberapa pengamat, mengatakan Mandela Effect terjadi karena CERN (akselerator partikel terbesar di dunia) telah membuat gangguan besar dalam fabrik alam semesta. Eksperimen tersebut diduga terjadi pada 2008, sehingga setahun setelahnya Broome mulai memperkenalkan istilah Mandela Effect.

Ini merupakan salah satu teori yang tidak realistis. Tapi, hingga kini, belum ada satu pun sosok yang bisa mematahkan teori multiverse. Sehingga, teori ini masih menjadi salah satu penjelasan di balik Mandela Effect.

MANDELA EFFECT DARI SUDUT PANDANG MEDIS
Ilmuwan menjelaskan Mandela Effect dengan teori false memories - Crushpixel
Ilmuwan menjelaskan Mandela Effect dengan teori false memories (Crushpixel)

Semenjak buku dan website yang dibuat Broome meledak dan populer, para ilmuwan di bidang medis langsung melakukan penelitian terkait Mandela Effect. Para ilmuwan pun mengambil kesimpulan bahwa fenomena Mandela Effect bukanlah sesuatu yang baru dan sudah ada cukup lama dan dikenal dengan nama False Memory.

Kasus yang melibatkan salah satu founding fathers Amerika Serikat, Alexander Hamilton, mungkin bisa menjelaskan False Memory dengan cara yang mudah dipahami. 

Banyak orang Amerika Serikat, menganggap Hamilton sebagai salah satu Presiden Negeri Paman Sam ketika baru merdeka. Padahal, Hamilton tidak pernah memegang jabatan tersebut meski memegang peranan penting dalam proses kemerdekaan Amerika Serikat.

Jika dilihat dari sisi neuroscience, ingatan mengenai status Hamilton sebagai Presiden Amerika Serikat disimpan di bagian yang dihuni oleh nama-nama mantan Presiden Amerika Serikat. 

Proses penyimpanan ingatan dikenal dengan nama engram. Sementara, kerangka di mana ingatan serupa diasosiasikan antara satu dengan lainnya disebut dengan istilah skema. Jadi, ketika orang coba mengingat Hamilton, ini memicu neuron dalam hubungan dekat satu sama lain, membawa serta ingatan sebagai seorang Presiden.

SUMBER 1

SUMBER 2

SUMBER 3

Report

What do you think?

12 Points
Upvote Downvote

Written by MalamMalam

MalamMalam adalah sebuah passion. Ini adalah platform untuk menyalurkan kecintaan kami terhadap voiceover, cerita horor dan video game.

Contact us: emailmalammalam@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kevin Dundon menghilang di feri lintas negara - Unsplash

Kisah Kevin Dundon yang Lenyap di Feri Lintas Negara

Pembunuhan Vincent van Gogh merupakan salah satu misteri terbesar di dunia seni (Financial Times)

Kisah Pembunuhan Seniman Terkenal yang Belum Terpecahkan